Aku Kembali Ikut Senam Hamil (Usia 28 Minggu)

Senam hamil

Saat saya saat akhir bulan Desember 2018 kemarin control dokter dan usia kehamilan saya sudah mencapai 28 minggu, disitu saya baru ngeh bahwa kehamilan saya sudah besar 🙂 Karena sebelumnya saya mengira kehamilan saya baru mencapai usia 5 bulan 🙂

Oke, di ceritaku kali ini saya mau ceritakan pengalaman saya waktu saya ikut senam hamil ya. Seperti biasa aku ikut senam hamil di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, dimana tempat saya control bulanan juga untuk kehamilan.

Continue reading

Advertisements

Pentingnya Nutrisi Sehat Untuk Persiapan, Masa Kehamilan dan Menyusui

Setiap ibu hamil pasti membutuhkan nutrisi 2x lipat daripada oranglain pada umumnya. Ada yang bilang kalau lagi hamil dianjurkan untuk minum susu hamil, karena nutrisinya sudah mencukupi untuk ibu hamil. Tapi memang pada dasarnya aku orang yang paling gak bisa minum susu, terlebih lagi susu untuk pregnancy mom itu ada kandungan zat besinya yang bikin aku mual. Jadinya selama hamil aku cuma mengandalkan suplemen yang kudapat dari dokter dan makanan penuh gizi yang kukonsumsi setiap harinya.

Minggu lalu tepatnya tanggal 27 Oktober 2018, aku diundang di acara blogger gathering bersama Blackmores di Hotel Puri Denpasar. Acara ini bersamaan dengan pameran Mother & Baby Fair 2018 di Balai Kartini Jakarta. Pembicaranya ada Adianti Reksoprodjo, Catherine Sumitri dan Rini Yulianti. Topiknya seputar pregnancy, yaitu peduli asupan sehat dalam rangka pentinya asupan nutrisi sehat bagi hamil dan menyusui. Walaupun aku sudah hamil yang kesekian kalinya, kalau ada acara-acara seperti ini aku tetap ingin hadir, karena siapa tau ada ilmu dan info pregnancy yanh belum dan harus kuketahui 😊

Continue reading

TASYAKURAN 4 BULANAN


Alhamdulillah tanggal 13 Oktober 2018 lalu aku baru aja selesai mengadakan tasyakuran (selamatan) 4 bulanan untuk kehamilanku kali ini. Sebenarnya mau diadakan minggu lalu, cuma karena aku ada acara, jadinya mundur sedikit. Ini juga ngadainnya kecil-kecilan aja, gak ngundang siapa-siapa, cuma pengajian RT aja plus mengundang seorang Ustadzah.

Nah, di pengajian kali ini ada beberapa tuntunan yang kudapatkan. Takut aku lupa, jadi langsung aja kutuliskan disini 🙂

Continue reading

Momen Penting Yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

 

“Dok, kalo di trimester pertama, saya emang gak bisa merasakan gerakan bayi ya dok?

“Ya belum bisa, sabar aja. nanti bu Caroline akan merasakan di bulan ke-5 dan 6.”

Kira-kira seperti itu percakapan saya dengan dokter kandungan saya, waktu saya control kehamilan di minggu ke-15 akhir September 2018 lalu. Sebelum saya control, jujur aja saya sempat browsing-browsing sendiri, di bulan ke berapa saya bisa merasakan tendangan janin. Ada yang bilang sudah bisa merasakan di bulan ke-4, ke-5 atau juga bulan ke-6. Tapi kebanyakan sih semua referensi menjelaskan di trimester kedua, yaitu bulan ke 5 dan 6. Walaupun saya udah mendapat jawaban dari dokter kandungan saya itu, tetep aja sih saya merasa kurang yakin, mengingat saya pernah mengalami IUFD di kehamilan pertama. Jadi di kehamilan saat ini saya benar-benar concern dan khawatir setiap kali. Udah 3x hamil tetep aja saya merasa kurang ilmu 😀 Continue reading

SERBA-SERBI KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Setiap wanita yang hamil, pasti punya cerita masing2. Sama sih seperti kehamilan aku yang sekarang ini

Di kehamilan trimester pertama ini tanda2nya gak jauh beda dari kehamilan sebelumnya. Yang aku rasakan itu :

💕 Mual2
Aku nyebutnya mual aja, bukan morning sickness. Karena mualnya ini beda banget, mualnya gak kenal waktu, bisa pagi, siang, malam bahkan subuh. Lapar, tapi gak bisa makan saking mualnya. Cara mengakalinya, sampai sekarang belum ada. Makan yang berbau jahepun kutak bisa. Minum manispun tak bisa. Kalau ada yang tahu, please let me know ya. Mudah2an BB-ku gak turun.

💕 Sembelit
Udah pasti yang namanya ibu hamil itu rentan terkena sembelit. Biasanya aku ngakalinnya makan rujak dan agar2. Kalau makan sayuran dan buah sepotong dua potong beneran gak ngaruh. Pup bisa 2 hari sekali. Tapi menjelang trimester dua, sembelit itu perlahan2 hilang.

💕 Sensitif Terhadap Bau
Sama banget kayak bumil lainnya, ibu hamil itu gak bisa banget sama bau2an. Bau ketek kek, bau orang blm mandi aja dari kejauhan 100m udah tau. Bau masakan yang strong banget. Apalagi bau rokok. Bahkan dari kejauhanpun udah bisa kecium. Bahkan bau parfum sendiripun sangat2 sensitif.
Mengakalinya, buat di rumah aku gak pernah lagi pakai pelembut pakaian. Cium sabun detergen aja aku mual setengah mati. Gak pernah bisa masak. Karena gak bisa cium masakan. Jadilah pengeluaran 2-3 bulan ini ku bengkak sekali 😪 tapi ya mau gimana lagi. Itu konsekuensinya

💕 Gampang Lelah
Dikit2 aku gampang lelah banget. Entah karena ini faktor usia, atau memang faktor hormon kehamilan aja. Karena memang yang kutau kalau trimester pertama pasti akan ngerasa capek banget, karena tubuh kita diforsir untuk menyesuaikan dengan kondisi baru, serta hormon yang ada di tubuh kita bekerja maksimal. Semua pekerjaan aku dibantu oleh suami. Ya Allah aku bersyukur banget punya suami yang mau turun tangan pekerjaan aku seutuhnya.

💕 Kulit Wajah dan Rambut Bermasalah
Tiba2 saat tau hamil, jerawat tumbuh subur bertebaran dimana2. Awalnya aku gak ngeh kalo ini pengaruh hormon. Tapi setelah konsultasi sama dokter dan aku obati pakai obat jerawat apapun gak sembuh, baru deh tau, bahwa itu pengaruh aku hamil
Gak cuma wajah, tapi rambut mendadak kering kerontang dan banyak rontok. Stress. Iya awalnya. Tapi aku akalin dengan rajin hair spa di rumah. Beruntung aku berhijab sekarang, jadi yang tau hanya aku dan suami aja 🤗

💕 Minum Kopi
Entah kenapa saat ini aku gak ada rasa mau minum kopi atau bahkan teh sama sekali. Mudah-mudahan sih seterusnya sampai lahiran. Amin.

💕 Mudah Ngantuk
Seperti ibu hamil lainnya, di trimester awal aku gampang banget ngantuk. Makanya aku gak mau terlalu banyak aktivitas. Malahan lebih banyak bed rest. Karena memang cuma itu yang bisa aku lakukan.

💕 Rentan Sakit
Beberapa hari yang lalu, Narend sempat sakit. Tiba-tiba aja sakit ISPA. Padahal setelah Idul Adha kemarin Narend sempat libue 3 hari dari sekolah. Tiba-tiba sakit. Saat control ke dokter, dan ternyata memang ini sedang musimnya ISPA, hiks. Hmm, bukan apa-apa sih, ini bahaya banget buat ibu hamil, karena ibu hamil kan kondisinya gampang lelah. Jadi rentan sakit. Walaupun udah dijaga-jaga kesehatannya, tetep aja kena juga 😖
Jadi kalau bisa aku sarankan, saat anak sakit, usahakan tidak banyak kontak langsung dengannya. Kalau anak sudah bisa tidur pisah kamar, itu lebih baik. Jika masih 1 kamar, anaknya usahakan pakai masker, supaya tidak langsung kontak dengan kita. Karena kalau kita sakit, agak susah sembuhnya, karena gak bisa minum obat sembarangan dan gak bisa minum obat antibiotik. Jadi otomatis kalau sakit pasti lama sembuhnya.

Segitu aja yang bisa aku sharing untuk serba-serbi kehamilam trimester pertama. Semoga bermanfaat ta.

 

TIPS AKU UNTUK HIDUP SEHAT SAAT HAMIL DAN MENYUSUI

 

Hello moms. Hal apa sih yang paling membahagiakan menjadi seorang wanita? Yes, bisa hamil dan menyusui. Sukur-sukur kalau bisa melahirkan secara normal. Karena tidak semua wanita bisa melahirkan secara normal. Ada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan melahirkan secara caessar. Well, apapun itu, saya gakkan memperdebatkan lebih baik mana, yang jelas kita patut mensyukuri segala nikmat Tuhan, bisa hamil dan menyusui seutuhnya.

Pernah hamil dan menyusui sebanyak 2x, ada banyak hal yang saya alami. Mulai dari masalah dari anak yang tidak mau menyusui dengan dot, ASI yang hanya cukup sampai 1,5 tahun saja dan sebagainya. Hamil 4 tahun lalu bukan berarti saya masih hapal semuanya. Dan kali ini, alhamdulillah saya sedang mengandung anak kedua di kehamilan ketiga, banyak pengetahuan tentang kesehatan kulit yang perlu saya ketahui kembali. Untuk itulah saya hadir di acara blogger gathering bersama Bio Oil, bertempat di Buba & Bump, Jakarta Selatan.

Continue reading

Pertama Kali Test Pack Langsung Positif

Dari 2 bulan sampai 1 bulan terakhir, tepat setelah Lebaran, lalu saya masih wara-wiri event blogger di Jakarta. Belum kepikiran sih, ada tanda-tanda hamil apa gak. Karena ya saya pikir aku cuma kecapean aja.

Nah, jadi kira-kira di tanggal 23 Juli 2018 (kalau tidak salah ingat), saya memberanikan diri untuk test pack. Sebenernya suami bilang gak usah aja, karena belum lewat seminggu sampai 2 minggu tanggal mens, jadi ya daripada tar hasilnya negatif, atau gak valid, mending nanti aja ngeceknya.

Continue reading