What I Feel : 3 Months

Hmmm… Hamil memang masa-masa yang pualing menyenangkan dalam hidup. Iya dong! Namanya pemberian rejeki dan berkah dari Tuhan, plus saat hamil sebagai perempuan pasti diperlakukan bak putri raja oleh pasangan kita.
Ini merupakan kehamilan keduaku. Rasa yang aku alami pada hamil kedua ini agak sedikit berbeda dari kehamilan yang pertama.
1. Mual atau Muntah
Β 
Kata suamiku, rasa mualku agak sedikit lebih intens (sering) ketimbang saat kehamilan pertama. Iya sih, aku juga merasa demikian. Entah kenapa rasa mual yang biasa lebih sering disebut ‘morning sickness’ ini jadi lebih sering. Bukan hanya saat pagi hari, atau malam hari. Bahkan bisa seharian.
mual
Β 
Aku mual jika mencium ada bau aroma tak sedap, seperti asap rokok, atau asap kendaraan. Kalau aku melewati orang yang sedang merokok, lalu udara asapnya sempat terhirup olehku, waduh aku langsung mual gak karu-karuan! Kadang jika di tempat indoor, aku atau suami tanpa segan-segan langsung menegur, atau langsung spontan menutup hidung, atau sekedar mengibas-ngibas tanganku akan asap rokok yang mengebul itu. Hadeeeh..dia yang merokok, kenapa sejagat raya ya yang merugi??? 😦
Lalu, aku juga mual kalau mandi air dingin. Uuhh..rasanya mual gak karu-karuan. Makanya, mengakalinya dengan mandi air panas.
Aku juga mual ketika menyikat gigi. Masih sama sih seperti ketika kehamilan pertama. Kuanggap hal ini biasa aja.
Aku juga mual terhadap cuaca dingin. Kalau suhu udara kamar dingin, biasanya perutku ini langsung bereaksi mual-mual. So, aku mensetting suhu AC kamar dalam posisi sedang. Malahan terkadang suhu rendah. Jadi terkadang suka rebutan ‘suhu’ dengan suamiku. Hehe..
Tapi ya semua kunikmati dengan penuh syukur. Karena aku pernah meminta kepada Tuhan, “Tuhan, aku rindu merasakan mual-mual lagi. Yang tiap hari ke kamar mandi, tiap pagi merasakan mual, dan sebagainya”. Wuah, alhasil kejadian deh πŸ™‚
bau badan
Β 
Hehe..jujur aja kalau ada orang yang belum mandi, atau ada orang yang mengeluarkan aroma-aroma tak sedap dari tubuhnya, waduuh perut ini rasa bergejolak lalu muaaal semual-mualnya πŸ™‚ jadi, saranku, bila kamu termasuk yang jarang mandi, atau yang malas mandi, jauh-jauhlah dari bumil. Atau paling tidak menjauhlah dariku. Hahaa..
2. Sikat gigi mengeluarkan berdarah
Β 
Menurut info yang aku baca, rata-rata bila bumil yang menggosok gigi terkadang ada yang mengeluarkan darah. Itu disebabkan karena saat hamil gusi menjadi melunak. Dan ini terjadi padaku πŸ™‚ padahal aku menyikat giginya biasa aja lho.
3. Kulit wajah menjadi terlihat kusam
Β 
Setiap perempuan yang hamil, di trimester pertama pasti kulit wajah akan mengalami perubahan. Kulit terlihat lebih kusam, dan yang bikin aku stress adalaaaah aaakkk….jerawaaaaat! Hadeeeh.. Jerawat ini gak bisa diapa-apain deh. Cuma terima pasrah aja. Mau ke dokter kulit juga gak bisa. Karena bumil tidak boleh mendapat obat-obatan kimia asing baik dari luar maupun dalam. Pengen deh rasanya buru-buru ke salon, trus perawatan kulit wajah, facial, peeling, seharian, tapi itu kan gak mungkin yah untuk saat ini hehe.. Ditahan dulu deh keinginannya sampai tahun depan πŸ™‚
Lagipula aku kan sempat bernazar. “Tuhan, aku rindu hamil lagi. Aku rela deh mukaku tampak jelek lagi karena hamil” Dan sekarang terbukti deh πŸ™‚
4. Kulit sekitar perut terasa gatal
Β 
Ya, karena kulit kita mengalami peregangan. Walaupun di hamil kedua, aku tetap mengalaminya lho. Aku kira ini gak akan terjadi. Karena logikanya kulit sudah mengalami peregangan sebelumnya. Otomatis sudah gak gatal lagi dong? Wah nyatanya tidak πŸ™‚
Walaupun gatal luar biasa, aku gak berani untuk menggaruknya. Hanya diusap-usap saja. Apalagi menggunakan kuku. Karena nantinya setelah melahirkan dan perut sudah kembali seperti semula, garukan-garukan yang kita lakukan tadi menggunakan kuku akan meninggalkan goresan berupa garis-garis putih di sekitar perut. Pastinya bikin penampilan kita minus πŸ™‚
5. Menjadi lebih manja
Β 
Ehmm..kali ini aku merasa kok jadi lebih manja dengan suamiku. Apa-apa minta dilayani. Mau makan minta diambilkan makanannya, minta dipijiti kakiku, dan sebagainya. Pastinya aku merasa jadi gak pengen jauh-jauh dari suamiku. Maunya di dekatnyaaa terus. Gak boleh pergi kerja. Hihiii.. Manja ya? Sebelumnya mah boro-boro deh πŸ™‚
6. Nafsu Makan Meningkat
Β 
Iyaaaa… Tiap 4 jam sekali aku merasakan lapar hebat.
Aku sarapan jam 7 pagi. Jam 9 pagi aku sudah merasakan lapar sangat. Biasanya jam makan siang aku jam 12 siang. Karena ini masih di trimester pertama, aku tidak makan berat per 2-3 jam. Karena si baby tidak perlu sari makanan yang banyak. Sedikit saja. Karena lambungnya masih belum terbentuk sempurna. Jadi, jika aku makan terlalu banyak karbohidrat, bisa terjadi lonjakan penambahan berat badan. Karena normal kenaikan berat badan menurut BMI (Body Mass Index) yang aku baca adalah antara 10-12 kg.
Jadi aku mengakalinya dengan snack.
7. Keputihan
Β 
Setiap bumil pasti pernah keputihan. Asalkan keputihannya dalam batas normal, tidak berbau, dan tidak gatal, menurut dokter itu adalah kondisi normal. Boleh menggunakan pantyliner. Asalkan harus diganti setiap 2 jam sekali.
Jika aku berada di rumah, aku tidak menggunakan pantyliner. Jika terasa tidak nyaman, aku langsung mengganti underwearku. Lebih baik lebih sering mengganti underwear baru ketimbang menggunakan pantyliner.
Pantyliner hanya kugunakan saat keluar rumah saja. Dan pastinya aku rajin menggantinya setiap 2 jam, walaupun tidak basah. Jadi, usahakan kondisi ‘Miss V‘ kita tidak lembab. Karena jika lembab, akan mengundang datangnya bakteri.
8. Sering mengantuk

Setiap bumil pasti sering merasakan ngantuk. Akibat perubahan hormon. Nah, biasanya kalau rasa kantuk sudah menyerang, aku langsung tidur. Tidurnya pun tidak perlu lama-lama. Cukup 1.5 – 2 jam saja sudah mewakili. Siang atau sore hari, itu jam-jam kantuk yang luar biasa bagiku. Itu terjadi antara jam 3 sampai jam 6 sore. Jadi, setiap hari, aku pasti tidur siang.9. Payudara membengkak

Ya, payudara terasa semakin membesar. Juga area areolaku semakin menghitam. Kondisi ini normal dimana persiapan untuk kelenjar-kelenjar ASI dibentuk. Hmm.. kalau sudah menegang, dan tidak sengaja tersentuh, waduuh rasanya aduhai deh πŸ™‚ (baca : sakit).

Inilah yang aku rasakan selama 3 bulan kehamilanku. Jika ada yang berbeda, boleh dong share ke aku, kita sharing. Siapa tau jadi nambah ilmu kan πŸ™‚
Kutunggu ceritamu ya πŸ™‚
Advertisements

2 thoughts on “What I Feel : 3 Months

  1. aku gag mual mak. alhamdulillah. hihihi.
    hampir serupa dengan dikau mak, kalo bobo, si perut harus tertutup selimut supaya gag kedinginan. aku pasang ac 25C aja.

    sikat gigi biasa aja, gag berdarah.

    mandi juga air panas/dingin, hayo aja, cuma ya agak jarang aja. kok males yak. ahahaha.

    manja, pastinya. kalo soulmate pulangnya telat, langsung deh menjudgenya dengan :”udah ga sayang lagi ya?”
    hihihi…

    jerawat, iyaaa banget. dimuka, di punggung. cuma kan emang karena hormon yak, jadi ya pasrah aja. udah laku ini kan? πŸ˜€

    keputihan, iya. tapi wajar kok kalo agak berlebih, asal tidak berbau. tapi dokterku takutnya ada kemungkinan infeksi kali ya, mangkanya aku dikasih obat cebok lactacyd mak.

    payudara, iya. kan persiapan untuk lumbung asi πŸ™‚

  2. Ciquinie : wuidiih senengnya gak mual2..:)

    Embeeerrr… hamil membuat kita kenapa malas mandi ya. Hahaa..

    Iyah.. kayaknya jerawat pasti muncul ya di setiap bumil.cuma heran, kok artis2 yg hamil mukanya kok mulus2 aja sih πŸ™‚

    Iyah.. harusnya aku juga dikasih obat keputihan. Cuma lupaa kmrn minta pas control. Alhasil skrg ngakalinnya sementara pake pantyliners and air betadine dulu buat cebok.

    Iyaahh…payudara jd nampak membesar yah sejak trimester pertama. Iyah.. sakit bgt kalo tersentuh. Cuma suamiku jd sering iseng jailin gr2 kalo tersentuh aku jd sering sensi and ngomel2 hahahaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.