Olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat hamil ?

Olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat hamil -

Olahraga sangat dianjurkan untuk orang yang hamil, apalagi bagi orang yang sehat, namun bagi bumil tidak semua olahraga di perbolehkan loh, pasti bunda pernah mendengar “kamu jangan jalan-jalan terlalu jauh” atau “kamu jangan angkat barang yang berat-berat” ?iya betul, pasti banyak larangan-larangan yang bunda terima, termasuk aku, baik itu dari ibu, mertua sampai suami.

Tidak sebatas itu, bahkan terkadang saat aku mau olahraga jalan dipagi hari terkadang mertua bilang “lin, jangan jalan terlalu jauh ya”. Wah belum jalan pagi aja udah udah di warning seperti itu, apalagi kalau aku bilang mau latihan karate atau pencak silat ^^ Akhirnya aku bertanya kepada dokter kandunganku, olahraga apa aja sih yang diperbolehkan saat hamil ?

Jalan pagi

Ini olahraga yang aku lakukan setiap hari, tiap hari aku bisa melahap 3-5 kilo loh, kok bisa? Yah simple aja muter-muter komplek aja, kalau sabtu-minggu biasanya di temenin suami tercinta ^^ Kata dokter dengan jalan pagi bisa memperkuat otot panggul, sehingga mempermudah proses persalinan

Berenang

Nah bagi bunda yang suka berenang, olahraga ini cocok sekali karena cocok untuk melatih otot persalinan

Yoga

Teknik pernafasan pada yoga bisa meningkatkan stamina dan melatih pernafasan untuk persiapan kelahiran nanti dan yang penting meningkatkan kadar oksigen bagi janin kita ^^

Senam Hamil

Kalau yang ini sih kayaknya wajib buat bumil, karena sangat direkomendasikan baik oleh dokter ataupun bidan, sebab sama seperti yoga untuk melatih pernafasan, membuat kita segar dan memperkuat stamina.

Nah olahraga seperti diatas boleh saja, asal tidak berlebihan dan 1 jenis olahraga saja sudah cukup kok, kecuali untuk senam hamil yang dilakukan di usia janin 8-9 bulan. Gimana bun, sekarang sudah tahu kan olahraga yang baik dan aman untuk bunda ^^

Advertisements

One thought on “Olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat hamil ?

  1. kemaren mamaku juga nanyain kapan mulai olahraga jalan pagi.
    aku sendiri bingung. karena menurut dokterku aku jgn banyak jalan dulu, bedrest sampe lahiran.
    artinya, kapan aku diperbolehkan olahraga ya?
    besok kontrol aku tanya deh sama bu dokter. udah kangen jalan2 di mol. eh?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.