Solusi mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil

18:00
Hari ini, Rabu 27 November 2013 adalah minggu ke 27 kehamilanku

Saat usia kehamilan bunda mencapai > 30 minggu, bunda akan mengalami satu hal yang dialami seluruh bunda di seluruh dunia, yaitu kaki bengkak. Apakah ada bunda disini yang kakinya tidak bengkak? ^^

Karena ini kehamilan kedua bagi aku, aku sudah mulai mengerti apa yang menyebabkan kaki bengkak dan bagaimana cara mengatasinya.

Tidak ada cara yang pasti untuk mengatasi kaki bengkak, terkadang solusi bunda harus mencoba beberapa solusi baru merasakan hasilnya. Dibawah ini adalah beberapa tips dari aku :

– Jangan berdiri, duduk dan jalan terlalu lama

Jadi yang sedang-sedang aja ya bun, semua di kombinasi, saat bunda merasa jalan capek, bunda bisa duduk dulu istirahat, jika bunda saat duduk pegal, mulailah berjalan lagi, dan kalau sudah sampai rumah jangan ragu-ragu untuk rabahan.

– Saat dirumah coba untuk berbaring dengan kaki diletakkan diatas tumpukan bantal

Bantalnya tidak usah terlalu tinggi, pastikan saja kaki posisinya lebih tinggi dibanding pantat, dan kenapa pakai bantal? Karena bantal kan enak, bisa dikurangi jumlahnya jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Gunanya untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

– Hindari memakai sepatu ber-hak tinggi

Aku sering melihat bumil yang jalan-jalan di mall menggunakan sepatu ber-hak tinggi loh, padahal itu bisa membuat kaki bunda mudah lelah dan makin bengkak. Saat hamil, aku selalu menggunakan sandal yang bagian bawahnya empuk, jadi kalau jalan-jalan jadi nyaman dan kaki tidak terlalu bengkak.

– Saat mau tidur, rendam kaki bunda dengan air hangat dan dicampur garam

Coba deh bun, kaki bunda akan merasa lebih nyaman karena saat merendam kaki, seluruh peradaran darah kaki bunda akan normal kembali.

– Kurangi konsumsi garam

– Minum susu

Susu hamil jaman sekarang kan sudah mengandung zat besi, nah zat besi berguna untuk mengurangi resiko anemia loh, terutama jika bunda sedang jalan-jalan jauh, tinggal minum susu Anmum dingin yang sudah disediakan dari rumah, dijamin seger ^^

Mudah-mudahan bisa membantu bunda yang sedang mengalami masalah kaki bengkak ^^

Advertisements

One thought on “Solusi mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil

  1. ow gitu ya mak. aku sih alhamdulillah ga bengkak, karena mungkin aku banyakan rebahannya dibanding jalan2nya kali ya.
    tapi aku sih liat kakiku agak menjumbo dan hanya 1-2urat saja yang terlihat. kukira bengkak. kata suamiku sih engga dan lagi pula aku ga ngerasa kesulitan/sakit saat berjalan. jadi kuanggap pendapat suamiku valid aja gitu.
    mak, aku bookmarked and aku taro di blogroll aku ya 🙂

    caman36.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.