Pentingnya Jaga Kesehatan Selama Kehamilan

Sudah memasuki usia kandungan 30 minggu alias memasuki 8 bulan, sudah sepatutnya aku menjaga ekstra kesehatanku. Apalagi di bulan ini sudah memasuki musim hujan. Cuaca sangat tidak menentu. Terkadang siang hari bisa panas sekali. Terkadang malam hari bisa hujan nonstop sampai tengah malam.

Bukan cuma ibu hamil aja yang kudu ekstra jaga kesehatan. Yang lainnya  pun harus menjaga kesehatan. Tidak sedikit juga orang jadi terkena demam dan flu akibat musim hujan ini.

Aku sangat bersyukur sampai saat ini aku dikaruniai kesehatan yang cukup dari sejak awal kehamilan sampai sekarang. Resepnya simple aja. Aku tidak pernah mengabaikan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, susu dan buah-buahan setiap hari. Minimal setiap hari menu sayuran dan buah-buahannya harus berbeda. Dan tak lupa mengkonsumsi obat dari dokter juga. Karena di dalam obat dokter tersebut juga terdapat kandungan vitaminnya.

Untuk urusan protein, aku paling royal. Misalnya, untuk 1 kali porsi makan aku suka mengkonsumsi 2 menu protein setiap harinya. Misalnya tahu dengan telor. Tahu dengan ikan, dan sebagainya. Karena aku tahu, kebutuhan ibu hamil akan protein sangat tinggi. Kebetulan sekali aku suka sekali dengan protein hewani. Untuk protein nabati biasanya aku mengkonsumsi dengan kacang-kacangan.

Inilah caraku menjaga kesehatan :

1. Kalau aku malas makan makanan sayuran yang tumis-tumisan, biasanya aku suka merebus sayuran hijau protein nabati seperti kacang hijau, buncis lalu aku kombinasikan dengan mayonaise. Biasanya aku gunakan untuk makanan cemilanku. Jadi di kulkas aku selalu sedia sayuran-sayuran hijau yang mentah dalam porsi yang tidak banyak. Tapi beragam.

2.  Karena aku bukan tipe orang yang mempunyai asistant rumah tangga, semua kukerjakan sendiri, untuk menghemat waktu dikala lapar, aku selalu menyiapkan sayuran dan buah-buahan dalam porsi siap saji, dipotong-potong, lalu dikemas dalam wadah seperti tupperware kecil, lalu aku masukkan ke dalam kulkas. So, dikala aku lapar aku bisa langsung mengkonsumsinya.

3. Untuk urusan buah, aku juga menyiapkannya dalam porsi 1x siap makan.Aku sengaja tidak menyiapkan dalam porsi besar. Karena setiap harinya buah-buahannya berganti menu.

4. Tidak menggampangkan diri untuk makan makanan instant, seperti nugget atau mie instan. Sesekali aku pernah mengkonsumsinya, tapi dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya 1x dalam 1 bulan.

5. Di kulkas harus siap sedia minuman jus siap minum. Jadi kalau kondisi cuaca diluar sangat panas, aku selalu mengkonsumsi jus yang aku siapkan di dalam kulkas 🙂

6. Sangat menghindari sama yang namanya SODA. Mangkanya aku suka jauh-jauh deh dengan suamiku kalau lagi makan di restoran. Karena bisa bahaya. Bukan apa-apa, bisa-bisa aku ngileeer liat minuman berkeringat itu!! 🙂

Okey…..segitu dulu sharingku tipsku dalam menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat yaa 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.