Serunya Talkshow #RunForCervix (Mengatasi Kanker Serviks)

Oline di acara #RunForCervix

Oline di acara #RunForCervix

21:00
Hari ini, 14 Desember 2013 adalah minggu ke 30 kehamilanku.

Well Sabtu ini lumayan sibuk sekali untuk aku, bayangkan saja, sejak pagi aku sudah mulai ikutan Senam Hamil di RS Mitra Bekasi jam 09:30, trus jam 12:00 ke Hotel Aryaduta untuk ikutan Blogger Gathering “Jelajah Kuliner Unik Nusantara”, selesai urusan Blogger, jam 15:00 aku lanjut ke acara di d’Consulate Menteng, acara apa lagi? kali ini acara “#RunForServix tentang Peduli Kanker Serviks – Stop Cancer Before It Happen”.

Tahu gak ….

“Tiap 2 menit di Dunia, seorang wanita meninggal karena Kanker Serviks”

“Tiap 4 menit di Asia Pasifik, seorang wanita meninggal karena Kanker Serviks”

“Tiap 1 jam di Indonesia, seorang wanita meninggal karena Kanker Serviks”

Dan itu menjadikan Indonesia menjadi negara nomor 1 penderita Kanker Serviks. Buat yang tidak tahu Kanker Serviks adalah Kanker yang berkembang dan tumbuh pada mulut rahim atau yang disebut dengan Serviks. Penyakit ini menyerang wanita yang usianya pada usia produksi (mulai Mens sampai Menopause), kanker ini disebabkan Human Papilloma Virus (HPV tipe 16 & 18).

Ciri-cirinya apa yah bun? Nah, ciri-ciri Kanker Stadium Awal adalah keputihan yang tidak normal, pendarahan saat senggama, pendarahan pasca senggama, pendarahan diluar masa haid. Lalu ciri-ciri Kanker Stadium Menengah adalah gangguan kandung kemih, kebocoran vagina, rasa nyeri dipanggul. Gimana, apakah bunda mengalami ciri-ciri diatas ? Mudah-mudahan tidak ya bun.

Nah penyebabnya apa sih bun? Salah satunya berganti-ganti pasangan, melahirkan dibawah usia 20 tahun, wanita yang terlalu sering melahirkan, tidak menjaga kebersihan organ genital serta merokok dan minum-minuman alkohol.

Serem yah? Trus gimana cara mencegahnya? sekarang sudah ada vaksin HPV yang mengurangi resiko 75% Kanker Serviks namun hanya untuk wanita yang belum menikah. Nah untuk para wanita yang sudah menikah bagaimana? Coba bunda pergi ke RS, ada tes Papsmear, Tes IVA, metode Kolposkopi.

Cara menghindarinya gimana bun ? simple kok, caranya : menghindari hubungan seks di usia dini, setia pada pasangan, menjaga kebersihan organ genital, tidak mencukur habis bulu kemaluan, mengganti pembalut maksimal 3 jam sekali saat menstruasi, bila menggunakan toilet umum bersihkan dulu kloset serta bersihkan organ dengan minuman dalam kemasan, jalani pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat, hindari gorengan atau makanan cepat saji dan yang terakhir hindari rokok dan alkohol.

Semoga bisa menginspirasi bunda untuk segera tes Papsmear ya bun 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Serunya Talkshow #RunForCervix (Mengatasi Kanker Serviks)

  1. aku pernah test kanker serviks pake metode IVA mak setahun yang lalu, gratisss.
    test IVA itu sederhana loh, biasanya ada di puskesmas tertentu yang lagi ngadain ngadain program ini.
    Alhamdulillah hasilnya bagusss,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.