Urut Keseleo saat Hamil

09:00
Hari ini, 24 Desember 2013 adalah minggu ke 32 kehamilanku.

Kemarin suamiku pulang lebih awal karena harus masuk kantor tengah malam 😦 tapi gak apa-apa deh, pulang lebih awal setidaknya bisa makan siang bareng dirumah, jadi aku siapkan makan siang untuk suami tercinta, aku masak tahu telor, sambel goreng kentang plus ati dan sayur caisim. Alhamdulillah semuanya bisa selesai sebelum suami sampai rumah, tapi ternyata selagi aku beres-beres didapur, secara gak sengaja (mungkin karena buru-buru kali yah), kaki kiriku tersandung tembok dekat tempat cucian piring 😦 wah sakit banget deh, bahasa kerennya keseleo.

Waktu suami sampai dirumah, bingung liat aku tiduran di tempat tidur, sambil bertanya “Mi, kamu kenapa?”, yah aku jelasin deh bahwa aku tadi waktu nyuci peralatan masak kesandung dan kayaknya keseleo 😦 melihat aku meringis kesakitan, suamiku langsung keluar kamar, kirain mau ngapain eh malah bawa es batu sama handuk, bingung aku suami mau ngapain, suamiku langsung bungkus es batu dengan handuk lalu di letakkan ditempat yang keseleo, awal rasanya “nyussss, dingin banget”, lama-lama jadi biasa dan keseleoku jadi gak terasa sakit, setelah selesai, langsung suami ambil 2 bantal kecil untuk ditaruh di bawah kakiku yang bengkak.

Alhamdulillah pagi ini, kakinya sudah merasa enakan πŸ™‚ setelah mencari-cari di internet, ternyata teknik “penyelematan” yang suamiku lakukan kemarin ada istilahnya loh, yaitu RICE, wah artinya nasi dong? hihihi gak bunda, RICE disini artinya Rest, Ice, Compression, Elevation. Kalau dijelaskan :

– Rest. Istirahatkan kaki bunda, jangan dibawa untuk jalan-jalan atau mengangkat beban berat dulu. Kalau bisa istirahat di tempat tidur sambil tiduran.

– Ice. Bungkus es batu dengan handuk, lalu letakkan di bagian yang keseleo sekitar 5-10 menit.

– Compression. Kalau sampai berdarah barulah lilit dengan perban elastis luka akibat keseleo, alhamdulillah aku gak sampai luka.

– Elevation. Angkat kaki yang sakit lebih dari jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Jadi kalau bunda semua keseleo, udah tau dong cara atasinnya πŸ™‚ Usahakan jangan main urut ya bun, karena kawatir berpengaruh kepada baby, Semoga bunda dan baby sehat selalu ya bun πŸ™‚

Advertisements

One thought on “Urut Keseleo saat Hamil

  1. ow gitu ya mak. aku sih ga keseleo cuma kadang agak ga nyaman gitu di ankle kaki (di atas tumit), aku biarin aja, lama2 ilang sendiri. ahahah. kata suamiku, BBku makin berat jadi si kaki ‘keberatan’ menopang badanku.
    kadang diurut sama mama mertu, kadang aku diemin aja. beliau tau urat.

    kalo kaki dinaikin, enaknya pas posisi terlentang, tapi nanti pas udah miring kiri/kanan kerasa pegelnya. sedangkan kalo terlentang, inget2 aliran darah ke baby yang ada di punggung. jadi terlentang bentar, trus miring kanan/kiri deh.

    oiya, bumil jgn direfleksi ya mak, karena di kaki banyak urat syaraf. takutnya salah2 urut bisa berakibat buruk ke janin, gitu kata si bidan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.