Perut bagian bawah terasa sakit

20:00
Hari ini, 26 Desember 2013 adalah minggu ke 32 kehamilanku.

Pernah gak bunda merasakan kalau perut bagian bawah terasa sakit? Rasanya seperti mau mens dan terkadang ada yang seperti menyundul-nyundul ke bawah, kalau aku bun biasanya langsung kaget tiap merasa seperti ini.

Alhamdulillah hari ini secara tidak sengaja, aku bertemu dengan dokterku pas lagi jalan di mall. Kok mall? Iya, usia kehamilanku kan sudah 32 minggu, jadi sudah waktunya aku untuk jalan-jalan minimal 30 menit sehari. OK kembali ke laptop, nah pas ketemu sang dokter, gak segan-segan langsung aku sapa, eh dia sedang bersama suami dan anak-anaknya, hehehe jadi kenalan sama keluarga bu dokter. Selagi menunggu suaminya sholat, kesempatan ini gak aku sia-siakan, aku langsung bertanya asal muasal kenapa perut bagian bawahku sakit, nah begini nih penjelasan sang bu dokter πŸ™‚

Rasa sakit ini disebabkan oleh hormon yang namanya (kalau gak salah) progesteron yang meningkat yang mengakibatkan penegangan otot-otot di sekitar perut, biasanya rasa sakit ini kata bu dokter terjadi saat memasuki trimester kedua loh, ketika oerut semakin besar. Kalau aku biasanya terasa dibagian kiri dan kanan perut bagian bawah, kadang-kadang salah satu sisi aja dan perpindah dari kiri ke kanan. Nah kata dokter, penyebab utamanya adalah karena kehamilan bunda yang semakin membesar membuat (kalau gak salah dengar) ligamen atau ligamentum menjadi melar dan tertarik, jadi terasa nyeri, tapi untungnya rasa nyeri ini tidak membahayakan.

Selain itu katanya, sakit perut ini juga bisa terjadi karena tendangan dan sundulan kepala janin yang menyebabkan kontraksi namun tidak berbahaya untuk baby.

Nah cara ngatasinnya gimana bun? Ternyata gampang bun, gunakan bantal penyangga kepala yang tinggi, nah pas terasa sakit, coba untuk beristirahat dengan posisi duduk atau kalau bisa syukur-syukur sambil tiduran πŸ™‚

Gak sabar minggu pertama bulan Januari ketemu sang dokter kembali πŸ™‚ Semoga tips dari dokterku ini bisa berguna untuk bunda-bunda semua πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “Perut bagian bawah terasa sakit

  1. kalo aku sakit di pangkal paha. agak ngilu2 gitu kalo mo ganti posisi.
    awalnya kaget, tapi lama2 biasa. dibawa rebahan aja sebentar, eh ketiduran.
    Biasanya kalo ngilu2 itu karena kelamaan duduk atau beraktipitas πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.