Ada Apa Dengan Usia Kehamilan 36 Minggu ?

Oline makan malam

Oline makan malam

20:00
Hari ini, 29 Desember 2013 adalah minggu ke 32 kehamilanku.

Saat ini usia kehamilanku 33 minggu, tidak terasa yah 7 minggu lagi si baby siap untuk dilahirkan. Nah hari ini aku mencatat hal-hal apa saja yang terjadi di minggu ke-36 ? Kenapa 36, karena di buku-buku kehamilan, periode kehamilan diatas 3 minggu dibagi menjadi 32 minggu dan 26 minggu 🙂

Kenapa aku menulis soal 36 minggu? Yah supaya aku mengetahui apa yang akan terjadi pada kehamilan usia 36 minggu (3 minggu lagi), ibarat ujian, aku baca kisi-kisi ujiannya, biar nanti aku gak kaget waktu 36 minggu 🙂

OK kembali ke laptop, trus apa aja yang terjadi di minggu ke 36? Nah di minggu ke 36, bunda akan merasakan kontraksi palsu yang rasanya seperti kejang atau kram sekitar perut bawah, cuma gak terlalu kuat. Nah dengan perut yang makin membesar inilah yang menyebabkan pinggang bunda sakit, tau gak sebabnya? Karena otot perut makin meregang dan otot pinggang memendek untuk menagan beban.

Gimana dengan si baby? Si kecil ternyata pada minggu menjelang kelahirannya tetap bisa bertambah  berat loh, rata-rata berat baby di 36 minggu sekitar 3kg dengan panjang lebih dari 50 cm. Umumnya kepala si baby telah masuk pada panggul, dan yang terpenting dokter atau bidan telah dapat meraba posisi kepala si kecil sudah masuk panggul atau belum.

Nah bagian bumil apa dong? Bumil disini lebih sering merasakan sakit pinggang, nah dari beberapa pertanyaan bunda di 9mums, saya simpulkan deh, cara menghadapi sakit pinggang ala oline :

– Coba bunda usahakan posisi tubuh bunda dalam kondisi “pas”. Pas bagaimana ? kata dokterku untuk bumil, posisi tubuh yang pas adalah saat telinga, bahu dan punggung segaris, kalau sudah, dorong perut bunda untuk dapat menyokong bagian punggung, jika sudah pertahankan panggul bunda untuk berdiri tegak.

– Jika mau berdiri, tekuk lutut dan berpegangan pada benda yang kokoh (seperti tembok, kursi, meja), lalu angkat badan bunda dengan meluruskan kaki.

– Coba bunda latihan ringan dengan posisi badan membelakangi tembok dengan kaki tegap lurus dan kedua tangan disamping (kaya mau upacara). Nah kalau sudah, tekuk lutut sedikit, kencangkan otot perut, rapatkan bokong dengan bersandar pada tembok, tahan dan lepaskan. Bagi bunda yang suka menggunakan high heels, minggu ke-36 jangan dipakai dulu, karena bunda lebih butuh alas kaki yang dapat menopang badan dengan baik.

– Saat ada kesempatan untuk tiduran (mau di sofa atau tempat tidur), usahakan untuk bisa menaruh bantal diantara ke-2 kaki atau bisa juga dibawah perut.

– Saat duduk, jangan menyilangkan kaki yah bun dan kalau bisa pilih bangku yang ada pegangannya untuk tumpuan saat berdiri dan sebisa mungkin jangan sampai duduk terlalu lama (lebih dari 1 jam).

Gimana bun tips dari aku, gampang dan simple kan untuk bunda praktekan 🙂 oya bun, dari buku yang aku baca, saat baby siap untuk dilahirkan, baby akan mengirimkan suatu signal “informasi” dari otak ke kelenjar adrenal, nah lalu akan memproduksi hormone estrogen dan progesteron yang memicu proses persalinan.  Semoga tips aku berguna ya bun, dan selamat berlibur 🙂 Tapi bagi yang suaminya masih masuk kantor besok, tetap semangat ya bun.

Advertisements

3 thoughts on “Ada Apa Dengan Usia Kehamilan 36 Minggu ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.