Apa aja sih persiapan persalinan itu ?

Oline pusing mikirin barang bawaan baby

Oline pusing mikirin barang bawaan baby

20:00
Hari ini, 30 Desember 2013 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Sudah 33 minggu nih bun, sebenarnya masih belum waktunya untuk melahirkan, namun beberapa teman mengingatkan untuk mempersiapkan barang-barang untuk persalinan, jadi kalau nanti siap untuk melahirkan gak repot untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan.

Nah sebelum menyiapkan barang-barang, aku jelaskan dulu beberapa tanda-tanda awal persalinan, apa aja bun?

– Lendir dan darah. Kalau sampai bunda merasakan lender yang keluar bercampur dengan darah berwarna merah terang, ini bisa jadi tanda awal melahirkan bun.

– Kontraksi. Untuk urusan kontraksi, seperti yang aku pernah bilang sebelumnya, akan terasa sekitar 10 menit sekali dan teratur, dan yang bunda harus ketahui, makin sering dan makin kuat kontraksinya, seiring melebarnya pembukaan jalan lahir bun.

–  Pecah ketuban. Nah bagi bunda yang tidak mengetahui ketuban itu seperti apa, coba bayangkan cairan berwarna jernih dan rembesan air seperti mengompol, jadi saat menjelang kelahiran, sebisa mungkin hindari yang namanya panty liners, karena nanti saat terjadi pecah ketuban, bunda gak akan sadar loh tentunya yah di serap oleh panty linersnya itu.

Lalu barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan, gak mungkin dong bunda datang ke rumah sakit pakai baju yang menempel dibadan saja, ok kita bahas beberapa hal yang harus kita bawa :

– Baju selama 3 hari plus handuk dan waslap.

– Peralatan mandi (sabun, shampoo, pasta dan sikat gigi). Ini rumah sakit dan bukan hotel, jadi pasti tidak akan ada ya bun.

– Pembalut berukuran panjang (ini sih pilih yang Night, dan kalau bisa ada Wingnya). Bawa aja secukupnya untuk 3 hari, kalau lupa biasanya di kantin rumah sakit menjual pembalut juga kok, Cuma terkadang mereknya aja yang gak sesuai dengan kita.

– Jepitan rambut. Karena biasanya setelah melahirkan bunda akan gampang berkeringat dan terkadang rambut menjadi penghalang waktu bunda mau memberikan ASI, tapi kalau rambut bunda pendek, yah tidak usah dibawa.

– Kaos kaki dan sandal. Kalau aku sih biasanya gak kuat dingin-dingin bun, jadi otomatis butuh kaos kaki, kalau sandal yah untuk keluar masuk kamar mandi.

– Selimut dan baju bayi. Ini gunanya udah pasti, untuk membawa si baby pulang ke rumah 🙂

Bawaannya banyak yah bun? Memang sih ada rumah sakit yang menyediakan 3 hal diatas, contohnya : RSIA Brawijaya, dikasih lengkap bun. Saran aku, sebelum bunda memutuskan untuk membawa barang-barang diatas, coba bunda untuk tanyakan ke rumah sakit tempat bunda nanti melahirkan. Yuk bun, kita siapkan barang-barang menjelang persalinan 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Apa aja sih persiapan persalinan itu ?

    • biasanya tiap RS sudah menyediakan perlengkapan lahiran standard kok mak.
      coba ditanya lagi ke RS nya. penting tuh. supaya kita gak beli2 lagi jadi double.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.