Resolusi 2014, bisa IMD dan ASIX

Happy New Year 2014

Happy New Year 2014

20:00
Hari ini, 31 Desember 2013 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Hari ini adalah hari Selasa, dan bukan hari Selasa sembarangan loh bun, hari ini adalah hari terakhir ditahun 2013, nah kalau aku bersama suami yang memiliki bisnis batik, pastinya membuat Business Plan 2014, target dan rencana apa saja yang akan kami lakukan selama tahun 2014. Nah gak cuma bisnis aja bun, karena aku akan melahirkan ditahun 2014, maka aku punya target juga nanti setelah melahirkan, aku akan melakukan IMD 🙂

Kalau diadakan survey diseluruh Indonesia, berapa bunda yang mau melakukan IMD setelah melahirkan, aku yakin 100% pasti jawabannya mau J Tapi ngomong-ngomong bunda tau kan yang namanya IMD itu apaan? Tenang, IMD bukan nama aplikasi di Android atau Iphone, IMD itu adalah singkatan dari Inisiasi Menyusui Dini (IMD), jadi istilahnya kalau komputer baru diinstall dengan aplikasi-aplikasi standar seperti Microsoft Office atau Open Office.

Nah IMD itu seperti apa sih? Bagi bunda yang baru pertama kali hamil, mungkin belum mengetahui bagaimana proses IMD, kira-kira begini bun, segera setelah baby lahir, baby kan langsung dilap dan tidak dimandikan sehingga lapisan lemak putih yang membungkus selama berada dalam kandungan masih menempel di tubuh. Baby lalu diletakkan di atas perut bunda, nah terus babynya ngapain? Secara naluri, baby akan merasa lapar nah nanti akan mencari puting susu bunda. Bunda bisa merangsang dengan sentuhan lembut, jika perlu bunda bisa mendekatkan ke puting bunda, tapi jangan memaksakan baby ke puting susu loh bun. Secara rata-rata baby baru siap untuk minum 30-40 menit setelah dilahirkan, dan baby akan dibiarkan dalam posisi bersentuhan dengan kulit ibu sampai proses menyusui pertama selesai.

IMD dilakukan agar ikatan batin antara bunda bab dan baby semakin erat, karena sentuhan kulit dengan kulit akan mendatangkan efek psikis yang kuat antara bunda dan baby, sehingga menjadikan baby lebih tenang, tidak stress, pernafasan dan detak jantung lebih stabil. Tidak hanya itu, saat baby berusaha untuk mencapai puting susu sekaligus melatih motorik baby karena sentuhan, emutan dan jilatan baby selama proses IMD akan merangsang keluarnya oksitosin yang menyebabkan rahim berkontraksi sehingga membantu mengurangi rasa sakit dan pendarahan pada ibu.

Ingat loh bun, jika mau melakukan IMD, usahakan unuk memberitahukan ke dokter atau bidan, agar semuanya bisa dipersiapkan dengan baik, dan gak cuma persalinan normal aja, tapi operasi Caesar juga bisa melakukan IMD 🙂

Bagi bunda yang belum merasa IMD itu penting, gimana setelah membaca diaryku? Tertarik untuk IMD dong 🙂

Tahun ini karena aku sedang hamil 33 minggu, aku tidak berani untuk menghabiskan waktu di luar negeri, jangankan diluar negeri, diluar kota saja sudah agak-agak, karena dilarang dokter dan suami, alhasil tahun ini aku berakhir tahun di Lapiaza Kelapa Gading, sewaktu menonton firework di Kelapa Gading, si baby menendang-nendang perut dengan konstan selama 5-10 menit, mungkin si baby juga ikut merayakan tahun baru ya 🙂 tidak lupa setelah aku juga membuat resolusi untuk kelahiranku di 2014, resolusi aku di tahun 2014 adalah bisa IMD, lalu melanjutkan dengan ASI Exclusive (ASIX) 🙂 gimana resolusi bunda ? Kalau bunda mau tahu keseruan fireworks di Lapiaza Kelapa Gading, nih aku upload videoku 🙂

Untuk semua bunda-bunda seluruh Indonesia, Selamat Tahun Baru 2014, semoga bunda dan baby selalu sehat ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.