10 Hal yang Wajib dibawa sebagai Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit

Olin dan Baby melihat boneka LINE super besar

Olin dan Baby melihat boneka LINE super besar

20:00
Hari ini, 1 Januari 2014 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Hari ini hari pertama di tahun 2014, nah aku dan suami karena gak banyak aktivitas alias mau menikmati liburan, pergilah ke mall MKG, semalam kami kesana parkir masih Rp. 3000/jam pas masuk jam 1 siang tadi, kaget bukan main, di dekat tempat ambil struk parkir dituliskan “Tarif parkir Rp. 4000/jam naik sejak 1 Januari 2014 jam 06:00”, wah makin mikir aja nih kalau mau ke Jakarta, beda sama Bekasi yang tarifnya masih Rp. 2000/jam.

OK kembali ke laptop, sejak menulis mengenai “Apa aja sih persiapan persalinan itu ?” hari Senin lalu, ada bunda yang japri ke aku, dia bertanya, sebenarnya peralatan apa saja sih yang perlu dibawa sebagai bekal bersalin 🙂

Ok, akan aku bahas 1 persatu lebih lengkap dari kemarin ya bun.

1. Koper

Pilihlah koper yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat, dan kalau bisa kopernya ada kantong untuk menata barang bawaan, harganya berkisar dari 500rb-1jt.

2. Kain Panjang atau Sarung

Bawa aja 2-3 sarung bun, karena dipakai setelah lahiran.

3. Baju tidur atau baju sehari-hari, termasuk untuk pulang dari rumah sakit

Pilih baju dari bahan kaos agar nyaman bun, dan kalau bisa yang bukaan depan untuk memudahkan menyusui, bawa aja 3-4 baju (sesuaikan dengan jumlah hari bunda menginap)

4. Pembalut

Beli yang khusus untuk ibu yang baru melahirkan ya, karena lebih panjang dan lebih tebal sehingga lebih nyaman dipakai dan mengurangi resiko menimbulkan iritasi.

Sempat terpikirkan olehku untuk membeli pembalut yang biasa. Tapi sepertinya karena bentuknya beda otomatis fungsinya juga beda. Jadi gak pas kalo beli yang pembalut biasa.

5. Pakaian Dalam

Saran aku bun, pilih bra yang bisa menyangga payudara dengan nyaman, trus CD en gurita/korset yang bisa memberikan rasa nyaman pada perut, untuk jumlah menyesuaikan jumlah bunda menginap.

6. Perlengkapan mandi

Siapkan semua mulai dari sikat gigi, pasta gigi, shampoo, tisu basah dan tisu kering dalam 1 tas/koper tadi.

7. Breastpad

Yang ini jangan sampai ketinggalan 🙂

8. Sandal dan kaos kaki

Gunanya udah jelas bun, saat malam-malam dingin, gunanya kaos kaki yah supaya badan gak terlalu dingin 🙂 sandal cari yang nyaman dan dari karet ya bun, karena akan dipakai di lantai rumah sakit dan toilet, jadi cari yang benar-benar aman.

9. Tas Tangan

Wah yang ini jangan sampai ketinggalan, karena penting bun, mulai dari dompet siapkan semua bun (uang, KTP, kartu kredit, kartu asuransi sampai kartu nama dokter), terus bawa juga buku kehamilan karena nanti akan dijadikan patokan dokter yang akan bertanggung jawab akan bunda, terus HP di charge full, gak lupa bawa power bank juga, kamera untuk mengabadikan semua momen-momen saat melahirkan, kalau ada buku catatan atau nomor telepon keluarga dibawa juga, pulpen untuk menulis, kosmetik supaya bunda tetap cantik di rumah sakit, parfum dan permen tanpa gula.

10. Buku

Kok buku? Iya bun buku, nanti pas bunda dirumah sakit, yang bisa bunda lakukan untuk menunggu bukannya update status di Facebook, chat dengan bunda lain via BBM atau bahkan nge-Twit waktu persalinan, namun akan lebih baik jika bunda membaca buku, dan buku yang dibaca bukan buku sembarangan, namun buku “Perawatan Bayi Baru Lahir”, nah jadi bunda akan siap akan apa yang bunda bawa pulang, yaitu seorang baby milik bunda 🙂

Kira-kira 10 hal diatas adalah hal terpenting yang perlu dibawa, jika ada yang ketinggalan, monggo ditambahkan dengan comment dibawah ya bun 🙂 Semoga membantu bunda Lia yang PM via email ke aku mengenai hal-hal yang perlu dibawah ke rumah sakit saat persalinan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.