7 Barang Wajib Punya untuk Bunda yang akan Menyusui di Luar Rumah

Oline Makan Siang di MKG

Oline Makan Siang di MKG

19:00
Hari ini, 2 Januari 2014 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Kemarin waktu jalan-jalan ke MKG, aku melihat ada bunda yang sedang menyusui ditempat umum menggunakan apron, aku jadi berfikir, nanti setelah baby lahir, apa aja sih harus aku miliki, supaya aku punya pengetahuan mengenai barang-barang yang harus aku beli, seperti biasa, aku mencari sumbernya dari buku tentang kehamilan.

Nah setelah mengumpulkan dari beberapa sumber, ini 7 barang wajib yang harus dimiliki agar bunda siap untuk menyusui di luar rumah, berikut barang-barangnya :

1. Nursing Apron

Ini nih yang akan jadi teman setia bunda saat jalan-jalan, karena tidak semua tempat memiliki tempat untuk menyusui, alhasil bunda akan membutuhkan benda yang bernama Nursing Apron atau bahasa Indonesia kain penutup payudara saat menyusui. Jaman sekarang, nursing apron motif dan warnanya sudah beraneka ragam, tidak seperti 2 tahun lalu yang masih 1 warna, jadi jalan-jalan ke mall gak akan malu deh bun 🙂 oya harganya mulai dari 65-100rb bun, tergantung jenis bahan dan motif.

2. Breast Pad

Pernah gak bunda mengalami yang namanya baju basah tepat dibagian dada, karena stock ASI yang melimpah ruah, pasti malu banget sampai diliatin orang ya bun, nah dengan adanya Breast Pad yang ditaruh dibagian BH, maka persediaan ASI yang melimpah itu bisa di serap secara maksimal. Oya bun, breast pad ada yang sekali pakai dan ada ekonomis, yaitu bisa dipakai berulang-ulang. Harganya berkisar 20-65rb.

3. Botol ASI

Buat bunda yang setelah selesai melahirkan mulai bekerja kembali, bunda akan membutuhkan yang namanya Botol ASI, karena gak mungkin dong si baby dibawa ke kantor, nah agar si baby tetap mendapatkan ASI selama bunda dikantor, masukkan persediaan susu bunda dengan breast pump ke dalam Botol ASI. Saran aku bunda, pilih botol ASI yang terbuat dari kaca, karena selain tahan terhadap panas, juga mudah dibersihkan dari lemak ASI. Harganya berkisar dari 50-60rb bunda bisa mendapatkan 6 botol sekaligus.

4. Bantal Menyusui

Di Indonesia mungkin sebutannya bukan Bantal Menyusi tapi Nursing Pillow, bantal ini bukan sembarangan bantal loh bun, karena dipakai saat bunda menyusui, sebab yang paling sering kejadian, bunda saat menyusui akan merasa lelah dibagian punggung, pinggang dan lengan. Bentulnya yang huruf U, jadi anda merasa nyaman, si baby juga merasa nyaman. Harganya berkisar mulai 80-110rb, oya jika bunda kesulitan mencari nursing pillow ini, bisa mencari dibagian mobil yaitu bantal untuk penyangga leher, karena besarnya tidak jauh beda.

5. Bra Menyusui

Jika anda memakai bra biasa, pastinya ribet deh bunda, apalagi kalau bunda memakai bra dengan hook belakang, nah bedanya bra menyusui dengan bra biasa, untuk bra menyusui ada “tirai”-nya jadi kalau bunda mau menyusui, yah tinggal dibuka aja tirainya 🙂 Harganya agak mahal dibanding bra pada umumnya, berkisar 75-150rb untuk 1 buahnya.

6. Massage Cream dan Breast Gel Pad

Persiapan yang paling penting setelah melahirkan adalah pasokan ASI untuk bisa dinikmati oleh baby, nah pernah kebayang gak kalau payudara bunda bengkak atau bahkan sampai ASI-nya tidak keluar. Nah kalau ASI bunda susah keluarnya, itu tandanya bunda kurang bahkan tidak melakukan pijat payudara, gunakanlah massage cream sehingga peredaran darah disekitar payudara bunda menjadi normal, sedangkan kalau payudara membengkak gunakan breast gel pad, ini berguna menghilangkan nyeri karena fungsinya sama seperti kompres dengan handuk hangat. Harganya gak mahal kok bunda, sekitar 45-60rb.

7. Teether

Istilah ini mungkin tidak familiar ditelinga bunda, biasanya disebut dengan “gigitan bayi”, ya guna teether ini adalah agar baby bisa menggigit, selain untuk merawat gigi susu baby, juga untuk merangsang pertumbuhan gigi. Nah yang jadi masalah teether ini harganya gak murah bunda, sekitar 150-200rb loh, kok mahal ? Karena teether inilah yang akan jadi “pelampiasan” rasa gatal di gusi baby, nah dengan adanya teether ini, maka puting susu bunda bukan jadi salah satu sasaran gigitan baby 🙂

Gimana bun, apakah sudah memiliki 7 barang-barang diatas ? Kalau belum, sudah saatnya untuk hunting 🙂 semoga membantu ya bunda 🙂

Advertisements

3 thoughts on “7 Barang Wajib Punya untuk Bunda yang akan Menyusui di Luar Rumah

  1. aku belum punya nursing apron dan teether yang harganya 150rban itu hihihihi kok estimasi mbak oline mahal banget harga teethernya? aku beli di minimarket cuman 15 rb lho ^^
    kalo masalah apron, karena di Bali sih lebih leluasa ya dengan kondisi semi-naked (sementara masih amaaaaan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.