7 Vitamin Penunjang Kehamilan

Oline belanja di Carrefour

Oline belanja di Carrefour

23:00
Hari ini, 3 Januari 2014 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Dari artikel yang pernah aku buat mengenai “Ceritaku : Tips Cara Cepat Hamil” ternyata memberikan aura positif, beberapa bunda banyak yang bertanya secara personal via Facebook Message. Yang paling banyak bertanya, adalah saat sebelum hamil, vitamin apa saja yang dibutuhkan sebagai penunjang menuju kehamilan (prakonsepsi).

Nah untuk menjawab pertanyaan bunda-bunda itu, aku listing 7 vitamin yang sangat penting sebagai tambahan pelengkap gizi menuju kehamilan.

1. Vitamin B9 atau biasa dikenal dengan Asam Folat, diperlukan untuk proses pembentukan inti sel serta tabung syaraf janin, jadi untuk mengurangi resiko cacat janin (spina bifida), selama hamil bunda bisa mengkonsumsi Asam Folat, selama 4 bulan sebelum hamil sebanyak 0.4 mikrogram/hari.

2. Vitamin B6 yang bahasa kedokterannya Piridoksin berguna untuk proses metabolisme asam amino serta mendukung sistem kekebalan tubuh, bisa dikonsumsi 1.3 miligram/hari.

3. Vitamin B12 yang dikenal dengan Sianokobalamin, ribet yah bahasanya bun 🙂 sebut aja B12, berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah yang nanti akan memperlancar asupan gizi kepada janin melalui darah, bisa dikonsumsi 2.4 mikrogram/hari.

4. Vitamin D atau Kalsiferol ini berperan dalam proses penyerapan kalsium dan membantu pembentukan tulang janin, jadi kalau bunda mengkonsumsi vit D sebelum kehamilan, bisa menurunkan resiko terkena pre-eklampsia loh bun, bisa dikonsumsi 5 mikrogram/hari.

5. Vitamin A yang biasa disebut Retinol berguna sekali untuk menjaga kesahatan kulit dan saluran pencernaan.\

6. Vitamin E dibutuhkan untuk mengurangi resiko membran sel agar tidak mudah rusak, dan yang terpenting menurut penelitian, dengan mengkonsumsi vitamin ini bisa menurunkan resiko anda mengalami keguguran, bisa dikonsumsi sekitar 15 miligram/hari.

7. Nah yang terakhir adalah Vitamin K, yang berfungsi untuk membantu proses penggumpalan darah, sangat berguna saat nanti bunda menjalani persalinan loh, bisa dikonsumsi 55 mikrogram/hari.

Untuk lebih jelasnya, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kesuburan ya bun, bukan dokter kehamilan, karena dibeberapa RSIA, antara dokter kesuburan dan dokter kehamilan itu berbeda fungsi, dan obat yang diberikan serta program kehamilannya jauh berbeda.

Semoga bisa membantu bunda yang sudah bertanya melalui Facebook Message ke aku 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.