Persiapan Finansial untuk Perencanaan Kehamilan

Oline ngeBLOG 9mums

Oline ngeBLOG 9mums

17:00
Hari ini, 4 Januari 2014 adalah minggu ke 33 kehamilanku.

Tak terasa usia kehamilanku sudah mencapai 33 minggu, alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah apa-apa baik dari aku ataupun baby ๐Ÿ™‚ doain ya bun, nanti aku bisa melahirkan sesuai jadwal dan bisa lahiran normal ๐Ÿ™‚ Siang tadi suamiku ngobrol, katanya waktu makan siang, dia ngobrol sama teman kantornya, dan katanya temannya mau merencanakan supaya istrinya langsung hamil, dan bertanya kepada suamiku berapa biaya melahirkan untuk normal dan cesar, langsung deh suami menjelaskan bahwa kesiapan finansial tidak hanya disiapkan untuk biaya melahirkan, namun sebelum itu mulai dari pemeriksaan kehamilan tiap bulan sampai biaya untuk merawat baby. Setelah mendengar itu, aku jadi tertarik untuk menulis tentang persiapan finansial selama kehamilan. Tau gak bun, selain kesiapan batin, ada 4 hal yang harus dipersiapkan secara finansial loh bun, supaya nanti waktu hamil, tidak kaget dan bingung dengan biayanya, yaitu

1. Biaya pemeriksaan kehamilan. Perhitungkan biaya pemeriksaan ke dokter atau bidan, terutama berapa kali bunda akan pergi ke dokter kandungan.
2. Biaya melahirkan secara normal. Secara bertahap pada nomor 1, mulailah menabung untuk biaya melahirkan secara normal mulai di rumah bersalin sampai RSIA, sekarang sudah ada paket-paketnya bun, melahirkan normal, sampai melahirkan dengan induksi.
3. Biaya melahirkan secara caesar. Biasanya biaya melahirkan secara Caesar 2x lipat dari persalinan normal, jadi usahakan ada dana 2x dari biaya melahirkan secara normal.
4. Biaya-biaya yang dibutuhkan untuk merawat bayi. Untuk yang ini mulai dari peralatan untuk baby, peralatan untuk ibu sampai biaya konsultasi dokter.

Sepertinya sulit dan ribet ya bun? Sebenarnya tidak sih, sebelum hamil, saya sudah punya tabungan yang saya simpan sejak sebelum hamil, gak besar, 500rb/bulan, insyaallah bisa cover biaya pemeriksaan kehamilan sampai nanti melahirkan. Sedangkan untuk biaya melahirkan secara normal dan Caesar, coba bunda โ€œbelanjaโ€ rumah sakit, coba tanyakan biaya melahirkan normal dan Caesar untuk RSIA dekat rumah bunda, jangan sampai bunda memaksakan mau melahirkan di RSIA yang biayanya mahal, nanti malah biaya untuk merawat baby jadi berkurang atau bahkan tidak ada.

Gimana menarik gak bun? Yuk mulai berhitung ๐Ÿ™‚

Advertisements

2 thoughts on “Persiapan Finansial untuk Perencanaan Kehamilan

  1. di rs ku, sesarnya hampir 3x lipat biaya normal mak.
    oiya, selain biaya kontrol, jangan lupa anggarkan untuk biaya test lab.

  2. Pingback: Biaya Rumah Sakit Naiiiik!! | Oline Pregnancy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.