Control Dokter in 34 weeks

USG minggu ke-34

USG minggu ke-34

17:00
Hari ini, 6 Januari 2014 adalah minggu ke 34 kehamilanku.

Gak terasa minggu ini masuk minggu ke-34 usia kehamilanku. Dan tiba saatnya hari ini aku check up alias control dokter. Yeaay!! Aku paling suka moment ketemu dokter. Karena aku bisa melihat babyku di layar USG πŸ™‚

Saat itu pukul 07.00 pagi. Aku bangunkan suamiku untuk daftar mendapatkan nomor terlebih dahulu. Seperti biasa, di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat ini kudu pagi-pagi banget datengnya. Karena kalau sudah lewat dari jam 07.30 (sampai sana), bisa dapat nomor diatas 10 dan bisa-bisa dipanggil jam 11 keatas.

Alhamdulillah jarak rumah ke RS dengan menggunakan motor hanya memakan waktu 20 menit saja. Alhamdulillah lagi kali ini aku dapat nomor 9 πŸ™‚ lumayan pikirku, bisa dipanggil dibawah jam 11 siang. Tapi sepulang suamiku kerumah, dibilang bahwa biaya checkup naik dari 140rb menjadi 167.500 😦 Naik 27.500, kata suamiku, alasan rumah sakit, karena harga obat naik.

Lucky number 9 sebagai nomor urut

Lucky number 9 sebagai nomor urut

Aku berangkat dari rumah pukul 09.30 (baca : kesiangan booo) gara-gara kebanyakan beberes di rumah *dasar emak-emak* alhasil sampai sana jam 10.00 dan kelewatan 2 nomor, sekarang sudah antrian nomor 11 *wheeww*

Duhh deg-degan, gimana yah? Apa iya dipanggilnya lagi setelah selesai antrian? Bisa gawat deh aku. Suami masuk kantor jam 2 siang. Ngiik. Akhirnya aku putuskan untuk bilang ke suster yang menunggu di dalam ruangan dokter dan bilang kalau saya kelewatan 2 nomor. Agak deg-degan ngomongnya. Pasalnya susternya galaak! *sebel* beda banget sama pelayanan di RS Anna Bekasi. Aku pernah kelewatan nomor antrian, susternya dengan tenang dan bilang, “Oke bu. Nanti kita panggil ya. Ibu duduk dulu aja.” Naahh kan. Kalo dibilang begitu kan hati kita lega yah? Kalau di RS Mitra Keluarga ini, susternya merespon,”iyaa-iya, nanti kita panggil. Tadi udah dipanggil soalnya.” Selesai dan gak ada ekspresi *Dataar* Dan aku gak tau kapan dipanggilnya dengan respons dia kayak gitu πŸ™‚

Selama menunggu mukaku tegang banget. Mikirin “kapaan ya gw dipanggilnya? Mana gerakan babynya gak ada lagi. Aku elus-elus aja ngobrol, sambil pikiran ke nomor antrian terus. Rencana bawa buku untuk dibaca gak kusentuh saking paniknya” πŸ˜€

Setelah dipanggil 2 nomor antrian, alhamdulillah aku dipanggil. Yeaay!! Alhamdulillah banget!

Saat memasuki ruangan dokter, aku ditanya oleh sang dokter. Inilah percakapan aku dengan Dr. Lina.

Dokter : “Gimana nih bu, sudah besar kandungannya, ada keluhan apa?

Suami : “keputihan dok! Katanya mulai keputihan lagi tuh. Dan warnanya gak putih. Ganggu juga” (suamiku sigap banget dengan masalah ini) πŸ™‚

Saya : iya dok. Keputihan lagi (aku menambahkan).

Dokter : “warnanya gimana?”

Saya : “warnanya sih putih dok, cuma kadang CD saya suka basah dan gatal nih. Ganggu aja. Jadk kemana-mana kudu bawa and ganti CD”

Dokter : “Oke. Yukk kita cek yaa”

Segera aku menuju tempat tidur untuk di USG. Setelah dokter mengoleskan gel dan langsung mulai USG. Setelah di cek alhamdulillah baby baik-baik saja, setelah dicek berat baby sekitar 1.935kg (bagi yang belum tahu untuk Β usia kehamilan 30-35 berat badan baby sekitar 1.9kg – 2.4kg) wah ini berarti 2 minggu lagi insyaallah berat badan baby bisa > 2kg. Setelah itu cek air ketuban, nah waktu dicek, air ketuban aku terbilang normal, dari rata-rata normal 10 – 25, air ketubanku sekitar 15.85. Lalu dari detak jantung baby, pergerakan, sampai (maaf) “biji pistol” si baby sudah keluar dan yang terpenting posisi kepala baby juga sudah tepat di jalan lahir, alhamdulillah.

Setelah selesai cek USG, tiba saatnya untuk cek keputihan, wah sama seperti sebelumnya, dokter menyarankan Canesten SD (harganya Rp. 108.666 di K24) dan kali ini ada obat tambahan, yaitu Mycospor CR (harganya Rp. 46.745) untuk mengobati sekitar (maaf) selangkangan.

Canesten SD dan Mycospor

Canesten SD dan Mycospor

Lalu tidak hanya itu, dokter juga menyarankan cek darah secepatnya, karena ini tes rutin agar tidak ada masalah apa-apa nanti saat melahirkan. Dokter memberitahukan kepadaku bahwa aku harus kembali 2 minggu lagi, berarti tgl 20 Januari aku harus kembali untuk control 36 minggu, wah gak sabar deh πŸ™‚

Doakan aku dan baby sehat terus ya bunda πŸ™‚ amin

Advertisements

3 thoughts on “Control Dokter in 34 weeks

  1. keputihan nampaknya masalah lazim bumil ya mak. kalo aku biasanya ‘cuci miss v’ sama dokternya. Alhamdulillah sih aku belum dikasi obat kaya canesten dikau itu.

    • Selama hamil aku 3x keputihan. Jadi 3x dites and bersihin pake alat yg cocor bebek and 3x jg pake canesten πŸ™‚
      Dah sering banget itu cocor bebek masuk ke dalem πŸ™‚
      Ganggu banget emang yah keputihan itu. Padahal pola makanku sehat semua.
      Dokter cuma blg ‘tenang bu, ini biasa makanan ibu hamil yaitu keputihan. Gak usah heran’ πŸ™‚

  2. Pingback: Control Dokter in 36 weeks | Oline Pregnancy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.