Boleh gak hamil besar nyetir mobil sendiri ?

19:30
Hari ini, 7 Januari 2014 adalah minggu ke 34 kehamilanku.

Saat aku posting mengenai beberapa artikel di 9mums, ada temanku yang bertanya via twitter, dia juga sedang hamil usia 5 bulan namun masih bekerja, dan pertanyaannya sih simple “Boleh gak kalau nanti sudah hamil besar nyetir mobil ke kantor sendiri ? “. karena kemarin aku kan ketemu sama dokter untuk checkup bulanan, gak lupa aku tanyakan pertanyaan itu ke dokterku, katanya “Berkendara saat hamil tidak dilarang, namun bumil harus memperkirakan apakah masih bisa menyetir dan nyaman berkendara sendiri”, coba bayangkan jika perut bunda sudah usia 38 minggu, pastinya kan bunda akan merasa kesulitan untuk menyetir karena perut bunda sudah makin besar.

Nah dokterku yang baik hati memberikan tips-tips supaya sewaktu hamil masih bisa menyetir mobil sendiri :

1. Usahakan memakai sabuk pengaman dibawah perut

Memang tidak nyaman bun, namun bukan berarti bahwa bumil tidak usah memakai sabuk pengaman loh, karena itu adalah fitur keselamatan mobil, yang pasti usahakan sabuk pengaman berada dibawah perut dan melintang diatas pinggul, dan yang terpenting usahakan diri bunda nyaman ya.

2. Mundurkan kursi

Karena perut bumil yang besar, usahakan saat bunda naik mobil, kursi dimundurkan jadi selain bunda nyaman juga bisa melindungi perut bunda saat airbag bekerja.

3. Berikan bantal pada punggung

Punggung bunda pasti akan terasa pegal, terutama saat mengemudi, solusinya adalah meletakkan bantalan kecil di punggung bunda, namun jika tidak ada bantal bisa memakai handuk yang di gulung.

4. Nyamankan kaki bunda

Jika mobil bunda manual, pasti akan terasa pegal loh, jadi usahakan saat sampai ditujuan istirahatkan kaki bunda dengan cara gerakan kaki dengan lembut, putar-putar pergelangan kaki dan berbicara dengan spirit

5. Jadi penumpang

Jika usia kehamilan bunda > 35 minggu, aku sarankan agar bunda tidak menyetir, duduk saja dibelakang, jika terpaksa duduk didepan, mundurkan kursi sehingga bunda merasa nyaman.

6. Bawa buku catatan kehamilan

Selain KTP, SIM dan STNK, saat hamil usahakan membawa buku catatan kehamilan dan harus berisi informasi penting seputar keluarga, kondisi kesehatan bunda, dll

Gimana bunda, siapa untuk menjadi sopir atau lebih siap menjadi penumpang ? 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Boleh gak hamil besar nyetir mobil sendiri ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.