Biaya Rumah Sakit Naiiiik!!

Katanya orang-orang biaya hidup and biaya pendidikan itu inflasi 10% tiap tahunnya. Kupikir biaya Rumah Sakit yah gak jauh beda ya dari terakhir kali aku ngecek. Terakhir kali aku ngecek biaya Rumah Sakit di Mitra Bekasi Barat itu tahun 2012 lalu gak terlalu mahal. Etapi kemarin saat aku jadwal control dokter, itu biaya Rumah Sakit Mitra udah bisa beli motor 1 buah πŸ™‚

Berikut rincian biaya Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat update per Januari 2014 :

Β  Β  Β  Β  Β  Biaya Persalinan Rumah Sakit Bekasi Barat
Kelas Normal Dengan Tindakan Cesar
I 9 juta 9.7 juta 20.4 juta
II 6.9 juta 7.5 juta 16.9 juta
VIP 11.8 juta 12.6 juta 26.6 juta

Gimana? Ajib gak tuh biayanya? Sementara tahun 2012 lalu aku cek biaya Rumah Sakit Mitra ini untuk kelas II normal tanpa tindakan sekitar 4 jutaan.

Makanya kemarin saat di keheningan, aku curhat ke babyku sambil aku elus-elus perutku, “Nak, nanti bantu mommy and daddymu ini ya. Mommy pengen banget lahiran normal seperti alhmarhum kakakmu dulu. Karena mommy gak punya uang untuk lahiran cesar. Masa cesar aja sampe 20juta?” Lalu dia merespons dengan tendangan-tendangan kecil yang menurutku itu jawaban atas pertanyaanku πŸ™‚ Gak terasa air mataku jatuh saat dia meresponsku. Terakhir aku bilang, “Mommy sayang banget sama kamu nak. Berkah banget bisa hamil kamu.”

Iyaaah. Aku sempat setresss lihat biaya melahirkan sampai sebesar itu. Ohmaigat! Kemarin waktu di kehamilan 5 bulan, aku sempat curhat ke suamiku, “Dy, gimana kalo nanti aku lahiran di bidan aja yah, gak usah di rumah sakit? Biayanya mahal nih! Kita gak sanggup. Lagian kan bidan juga gak jelek-jelek amat kok. Aku lahiran gak harus di rumah sakit ternama atau kamar yang berkelas.”

Sempet mikir, duh ini biaya rumah sakit kok gede banget yah? Apa kita cairkan tabungan dulu? Yah aku sih percaya aja setiap anak pasti punya rejeki sendiri-sendiri. Yah sudah let it flow deh kupikir. Bagaimana Tuhan yang mengatur ini semua.

Yah maklumlah, karena biaya persalinan tidak diganti oleh kantor suamiku sama sekali. Cek darah dan urine pun di rumah sakit gak ada penggantian biaya (reimburst). Sedih banget kan? Karena posisi suamiku itu consultant. Dan consultant itu tidak ada yang mendapat bantuan biaya persalinan dari kantor. Jadi kami terpaksa menabung dan persiapan finansial selama aku hamil. Selain itu, ekonomi kami memang dalam kondisi kritis, kebetulan kami sedang mempersiapkan rumah baru untuk tempat tinggal kami yang berada di Cileungsi. Kami membelinya sebelum berita kehamilanku. Biasa KPR! πŸ™‚ Otomatis 30% dari gaji suamiku sudah terpotong untuk biaya KPR. Jadinya yah gitu deh agak morat marit keuangan kami.

Bukannya kami tidak punya tabungan, tapi rencana kehamilan ini diluar dugaan. Awalnya uang tabungan masuk ke dana hiburan. Kami rencananya ingin jalan-jalan keluar negeri. Tapi Tuhan berkata lain. Tuhan memberikan berkah momongan di pertengahan tahun. Itulah sebabnya kami tidak punya persiapan ‘lebih’ untuk kehamilan.

Tepat pukul 20.30 WIB, suamiku pulang dari kantor. Hari ini (tanggal 15 Januari 2014) dia pulang agak telat karena macet sepanjang perjalanan gara-gara hujan yang sempat turun sejak siang hari. Dan juga hari ini adalah tanggal pengumuman lomba diary bunda 9mums. Β Dari pagi hari kubuka webnya, tidak ada berita. Siangnya aku buka, juga tidak ada berita. Yah sudah, dengan pasrah aku sampaikan berita ini kepada suamiku bahwa berita pengumuman 9mums tidak ada sejak pagi. Suamiku mengiyakan, dan yah sudahlah.. yang penting kan kita udah berusaha. Kalau sampai gak menang yah sudah bukan rejeki kita. Walaupun aku berharap kita akan menang.

Pukul 22.00 WIB, suamiku membuka kembali web 9mums. Dan ohmaigat aku ternyata menang jadi juara I! Suamiku menangis di pelukanku sambil bilang, “Selamat ya mi. Allah mendengar doa kita. Kita gak bisa bayar rumah sakit dengan puluhan juta tapi Allah punya rencana yang indah untuk kita.”

So, sekarang yang bisa aku suggest untuk semua calon bunda and mommy dimanapun berada, jika kamu merencanakan kehamilan, jangan tunda menyisihkan dana untuk tabungan kehamilan pada saat kamu hamil. Setelah survey di beberapa rumah sakit, langsung saja kamu sisihkan untuk biaya perencanaan kehamilan. Kisaran besarnya, tentukan dulu kamu mau mengumpulkan budgetnya dalam waktu berapa tahun? Kalau berencana hamil tahun depan, sudah bisa direncanakan persiapan finansial sejak 1 tahun sebelumnya. Percaya deh, kalau gak diniatkan bisa-bisa kepake lagi loh bun budgetnya! πŸ™‚

Misalnya, anggaplah biaya persalinan 20juta, kamu mau mengumpulkan dalam 1 tahun, bagi saja 20juta dengan 12 bulan. Lalu tambahkan dengan budget control dokter tiap bulan.

Semua harus direncanakan dan dipersiapkan sejak dini. Aku tidak menyarankan untuk mengambil asuransi melahirkan. Karena, saat kita ternyata gak hamil, trus uangnya ada di asuransi, gak bisa diambil juga, ilang dehh -____-.

Aku pernah ditawari oleh temanku asuransi persalinan. Aku pernah hampir deal ambil asuransi tersebut sebesar 16juta. Yah.. enaknya sih kalau kita melahirkan dibayarkan full oleh asuransi tersebut. Tapi kalau kita gak hamil-hamil juga yah bablas anginee :)) Lebih baik sih pakai dana tabungan yang sudah kita persiapkan aja menurutku. Kalau mau achieve dalam 1 tahun, jangan taruh di deposito, karena gak signifikan bunganya. Saranku taruh di reksadana yang sifatnya agresif.

Dengan segala kenaikan inflasi biaya persalinan, aku bener-bener bersyukur banget dengan segala nikmat Tuhan dan rizqi yang aku dapat sekarang. Dan aku berharap kehamilanku ini bisa berjalan dengan lancar sampai tiba persalinan. Doakan aku ya bun πŸ™‚

Advertisements

6 thoughts on “Biaya Rumah Sakit Naiiiik!!

  1. dalam setiap anak sudah ada rezeki yang menyertainya, saat anak saya lahir pertama cesar. tapi alhamdulillah di kehamilan istri saya ke -7 bisnis baju kami omsetnya fantastis saat itu 2 bulan sbelum lebaran, tembus 80 jt perbulan. Syukur Alhamdulillah rezeki si jabang bayi, sehingga biaya cesar rumah sakit di cover dari tabungan hasil jualn baju. Tetap semangat kita masih punya Allah.

  2. hihihihi sama ceritanya mak.
    sama2 ga dicover kontrolnya, ga bisa reimburse pula. tapi kalo aku, normal kaga dicover, sesar dicover.
    sama2 juga sebelum hamil aku barusan kpr rumah di cileungsi, jadi ya sebagian pendapatan masuk ke kpr :D. karena kalo hamil kan hanya Tuhan yang tau, jadi ya kita waktu itu semangat2 aja ambil KPR
    jangan2 kita di komplek yang sama?

    iya,aku juga yakin setiap anak ada rejekinya kok mak πŸ™‚

    • Hihii..iyaaah sentress banget yak liat biaya RS naik signifikan gituh. Udah kayak biaya pendidikan aja ikut inflasi πŸ™‚
      Hahaa…gak tau juga kalo di komplek ya sama πŸ™‚
      Iya bener bgt. Kita mana tau tiba2 hamil ya.

      And bener banget. Yakinkan aja, setiap anak memang ada rejekinya masing2. Sudah diatur sama yang Atas πŸ™‚

      • Oohh sama ya kisaran biaya RSnya segitu. Eh padahal RS mitra dulu gak segitu loh. Angkanya hampir menyamai RS brawijaya πŸ˜€

        CI itu apa? Citra Indah?
        Aku di metland cileungsi mak.

      • iyah mak. kayanya semuanya naik πŸ˜€

        iyah citra indah.
        owww… metland. aku sering lewat situ kalo mau ke CI πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.