Tanda awal persalinan

Pertanyaan bunda di 9mums

Pertanyaan bunda di 9mums

10:00
Hari ini, 16 Januari 2014 adalah minggu ke 35 kehamilanku.

Kemarin waktu buka Facebook 9mums, melihat pertanyaan dari bunda Munady Iethu Darwanty mengenai tanda-tanda mau melahirkan, nah karena pertanyaan itu, aku jadi berfikir harus membuat tanda-tanda awal persalinan, di printout gede-gede lalu di tempel di pintu kamar mandi, tembok kamar, sampai pintu kamar tidur, karena tau apa bun ? Karena walaupun aku ingat apa saja tanda-tandanya karena banyak baca buku, tetap saja waktu kejadian belum tentu ingat apa saja tanda-tandanya berhubung di usia kehamilan 36 keatas perut akan sakit karena kontraksi ๐Ÿ™‚

Tanda-tanda awal persalinan yang di tempel ke tembok kamar

Tanda-tanda awal persalinan yang di tempel ke tembok kamar

Sebagai informasi ya bun, persalinan umumnya bisa terjadi di usia kehamilan sekitar 38-42 minggu, nah tapi ada saatnya bunda merasakan kontraksi, tapi waktu ke rumah sakit, kata bidan disana belum waktunya melahirkan, kok bisa ? Hal ini yah karena bunda mengalami yang namanya kontraksi palsu atau bahasa kerennya Braxton Hicks, nah ciri-cirinya kontraksi palsu tahu gak bun ?

– Kontraksi terjadi dengan pola yan bervariasi, mulai dari 10 menit, lalu 20 menit, lalu berkurang jadi 15 menit, pokoknya gak beraturan polanya bun.
– Biasanya waktu bunda berubah posisi, kontraksi akan melemah, sementara kontraksi sungguhan malah semakin kuat waktu bunda bergerak.
– Tidak menguat secara bertahap, namun untuk bunda yang sedang bekerja atau terlalu lelah atau tegang, sering kali mengalami kontraksi palsu beberapa hari sebelum kontraksi sungguhan terjadi.

OK bun, tak berlama-lama, dibawah ini adalah tanda-tanda awal si baby akan segera lahir yang sudah aku rangkum dari beberapa sumber :

Lendir dan darah. Nah keluarnya lendir bercampur darah merah terang atau bahasa kerennya bloody show dapat merupakan tanda awal dimulainya persalinan
Kontraksi rahim yang umumnya dirasakan 10 menit sekali dan teratur. Disini kontraksi akan semakin sering dan kuat, seiring dengan melebarnya pembukaan jalan lahir.
Pecahnya ketuban. Jika bunda baru pertama kali melahirkan, nah ketuban itu adalah cairan cairan berwarna jernih, tidak berbau dan rembesan airnya dirasakan bunda seperti mengompol.

Nah bunda, yang terpenting, saat ketuban pecah, segera ke dokter/rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan persalinan ya bunda. Mudah-mudahan info dari aku bisa berguna dan membantu bunda untuk mengetahui apakah bunda mau melahirkan atau belum ๐Ÿ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.