Control Dokter in 36 weeks

Hari ini adalah harinya aku control dokter untuk 2 mingguan. Seharusnya sih sejak tanggal 20 Januari 2014 kemarin, cuma dikarenakan hari senin itu suamiku gak bisa nganterin dan waktu hari Selasanya telat pendaftaran ke meja kasir, padahal udah begging-begging sama kasirnya loh, uuhhh…. tetep gak ada belas kasihan! Sebel bangettss! Mereka bilang, “Maaf bu, pendaftaran udah kita tunggu sampai jam 2 siang, itupun udah paling telat.” Preett…Masalahnya kasihan suamiku, dia bela-belain pulang cepet dari kantornya, dari kantor jam 12, karena macet banget (saat itu keadaan lagi sering hujan, macet dimana-mana), alhasil sampai rumah baru jam 13.30. Makan dan siap-siap gak sampai 15 menit langsung berangkat. Sampai di RS Mitra telat 1o menit tetep aja gak diterima! ๐Ÿ˜ฆ ย Padahal kita udah book nomor by phone dan dapet nomor 22. Huffhh memang belum rejeki aja kali ya? ๐Ÿ˜ฆ

Itu nyeselnya sampe beberapa jam ke depan tuh! Tinggal suamiku yang bilang, “Yaudahhh .. yaudahhh.. emang gitu kali peraturan rumah sakit.

Okey..keesokan harinya kami berjuang lagi untuk daftar. Sengaja kali ini datang on the spot supaya bisa dapat nomor ganjil dan bisa pagi-pagi. Karena kalau booked by phone, kita gak tau bakal dapet nomor antrian berapa.

Seperti biasa, suamiku berangkat dari rumah jam 06.45 WIB. Sampai di RS Mitra Bekasi Barat pukul 07.15 WIB. ย Kebetulan rumah kami tidak jauh aksesnya ke Rumah Sakit Mitra. Apalagi saat itu kondisinya pagi-pagi banget dan arah ke bekasi.

Sesampai disana,pintu ruangan juga masih terkunci. Menunggu sebentar sampai jam 07.30. Setelah pendaftaran dibuka, alhamdulillah control dokter saat ini aku dapat nomor 3. Masih di bawah nomor 10, yeayyy!! Setelah mendapat kabar dari suamiku, dia menelpon dari rumah sakit, aku langsung bergegas beberes rumah dilanjutkan dengan sarapan dan mandi. Seneng banget, aku dapet nomor 3 bo! ๐Ÿ™‚

Tiba di rumah sakit pukul 09.30 WIB. Dokter Lina mulai praktek jam 09.00, berarti kami telat 30 menit hikss.. Disitu aku lihat udah nomor antrian ke-5.. Yahh.. bakalan dipanggil belakangan nih, pikirku. Tapi kenyataannya gak, setelah aku tensi darah dan cek timbangan berat badan, dataku masuk ke ruangan dokter, alhamdulillah aku langsung dipanggil dalam hitungan 10 menit. Kebetulan saat itu pasien yang udah daftar tapi belum dateng.

Peraturan di Rumah Sakit Mitra itu, walaupun nomor antrian terlewat, kalau tidak terlalu padat jumlah pasien yang sudah hadir, pasien yang telat dan sudah datang tersebut gak perlu nunggu sampai antrian selesai. Karena data si pasien udah masuk, tinggal tunggu si susternya aja panggil nomor antrian kita. Tapi mungkin menunggu 2-3 nomor antrian selanjutnya dipanggil dulu. Baru nomor antrian kita dipanggil. Begitu ๐Ÿ™‚

Okey… aku masuk ruangan dokter. Dokter mulai bertanya-tanya apa aja yang dirasakan selama 2 minggu ini. Aku bilang, aku mendadak ย jadi mual-mual gak jelas. Padahal perasaannya gak masuk angin? Jawaban dokter ada disini.

Lalu aku sudah mulai merasakan serviksku terasa sakit karena sundulan si baby ini. Dokter bilang, bahwa keadaan ini wajar banget, karena usia kandungan udah mencapai 36 minggu, kepala si bayi sudah terkunci dan mulai memasuki jalan lahir alias panggul. Jadi wajar aja kalau kita merasakan bagian serviks (leher rahim) kita seperti disundul-sundul ๐Ÿ™‚

Sebelum cek USG, aku perlihatkan hasil cek darah beberapa hari lalu aku cek darah. Ya, 2 minggu lalu saat aku control dokter 34 minggu, dokter menyarankan aku untuk cek darah. Karena waktu belum memungkinkan segera, aku baru bisa cek darah itu hari Minggu, 19 Januari 2014 (malam). Alhamdulillah untuk laboratorium Mitra Keluarga buka 24 jam. Pasalnya, selama 1 minggu itu cuaca kan lagi gak bagus. Akses rumah menuju keluar komplek-pun banjir. Jadi untuk cek darah terpending selama 2 minggu. Ya, selain banjir aku juga belum ada waktunya sih, hehee…. Yang penting (kata dokter), saat control dokter di 36 minggu sudah ada hasilnya untuk kita lihat dan diskusikan.

Kemudian, di sela-sela pertanyaan, dokter mengajakku untuk naik ke tempat tidur. Haaah.. seperti biasa mau di USG ๐Ÿ™‚ saat aku berbaring, aku udah punya pemikiran, “Mati dehh.. kayaknya ini waktunya PD (Pemeriksaan Dalam) dehh”.. PD disini adalah jari tangan si dokter masuk ke dalam vagina kita untuk mengecek posisi si bayi, apakah sudah siap di jalan lahir. Biasanya dari literatur yang aku baca nih, saat jari si dokter masuk, kalau kepala payi sudah masuk ke jalan lahir, tangan si dokter nanti akan menyentuh ubun-ubun dari kepala bayinya. Naah, disitulah dokter tahu kita sudah ada pembukaan atau belum.

Saat di USG, aku melihat anakku aktif banget dia di dalam. Dokternya juga bilang, “Tuuh… jagoannya gerak-gerak terus nihhh.. aktif banget ya..”ย Alhamdulillah semua sehat. Cek air ketuban dalam kondisi jumlah 15, berarti volumen air ketubanku normal. Berat badan bayi saat ini mencapai 2.4 kg. Air ketuban berwarna agak keruh, berarti masih normal. Air ketuban yang bagus itu adalah yang berwarna bening. Nah, karena bening, terlihat di mesin USG adalah berwarna kekeruhan.

Setelah di USG, haeee….ternyata belum saatnya masuk tangan dokter katanya. “Nanti yah…2 minggu lagi saat control berikutnya” Tak pikir gak jadi, gak taunya dipending hahaa….

Gara-gara aku ketakutan sendiri, aku tanya aja deh ke dokter. “Dok, kalo PD gitu sakit gak sih dok?”ย Dokter ketawa. “Ya gaklaah. Kan jari saya cuma masuk 2 jari aja kok. Dan lagipula Ibu Caroline kan udah pernah lahiran normal, masa sih sakit?” Seketika mukaku merah karena malu, hahaa….

Setelah di USG, kami kembali ke meja dokter. Melanjutkan pertanyaan sembari dokter menuliskan hasil pemeriksaan.

1. Aku bertanya apakah sudah ada pantangan makanan, mengingat aku sudah memasuki trimester ketiga, takut overweight dari sisi aku dan si bayinya. Karena di trimester ketiga ini aku sering banget makan es krim dan coklat. Apalagi kalau ngemil, aku suka ngemil coklat. Selain untuk ngemil, coklat juga bisa menahan rasa lapar jika belum sampai waktunya.

Tapi dokter menjawab, aku tidak ada pantangan makanan sama sekali. 2.4 kg untuk berat badan bayi di usia 36 minggu adalah normal. Jadi diharapkan pada saat nanti 2 minggu lagi berat badan bayi bisa mencapai kurang lebih 3 kg.

2. Ibu hamil bolehkah makan mayonaise dok?

Dokter menjawab, sebenarnya tidak apa-apa. Yang dikhawatirkan adalah bahan dasarnya kan telur mentah, kemudian dimasukkan lalu dikocok ke dalam adonan. Nah, yang dikhawatirkan telurnya masih mentah, sehingga membawa virus (naah aku lupa namanya apa virusnya. Entah tokso atau rubella gitu). Nah, daripada was-was terus, dan ragu yah lebih baik tidak usah makan saja. Tapi kalau yakin matang yah silakan saja makan.

3. Proses masuk rumah sakit bagaimana sih dok?

Dokter menjawab, langsung masuk aja kalo udah tanda-tanda pecah ketuban. Gak usah kebanyakan bertanya ke suster atau bidannya. Langsung masuk aja ke ruang bersalin ya bu. Kalau masih pembukaan 1-2, mungkin saya pantau dari jauh. Tapi kalau pembukaan semakin cepat, saya akan datang dan ambil tindakan segera.

Terakhir aku minta nomor telepon darurat yang bisa dihubungi. Alhamdulillah si dokter mau ngasih. Dari awal trimester kedua susaaah bangeets minta nomor telepon pribadi dokter ini. Mentang-mentang dokter favorit nihhh ๐Ÿ™‚

Dan jadwal control berikutnya adalah tanggal 5 Februari 2014. Doakan kehamilanku sehat-sehat terus ya bun.. sampai nanti tiba control berikutnya… ^,^

Advertisements

4 thoughts on “Control Dokter in 36 weeks

  1. kalo di rs ku, daftar liwat telpon langsung valid, aku biasanya booking pas mau pulang di kontrol sebelumnya, jadi selalu dapet nomor 1. iyeyy…

    ow gitu ya mak, kalo air ketuban ketauan keruh atau engganya dari USG?
    aku sih cuma dikasi tau kalo yang abu2 itu ketuban, tapi ga ngerti keruh atau bening.

    owww baru tau mayonis itu dari telur mentah. padahal dari kemaren kepengen banget makan makanan bermayonis kaya burger, kentang dicocol2 ๐Ÿ˜€

    • Kalo di Mitra itu daftar via phone cuma buat dapetin nomor antrian. Selanjutnya kalo gak daftar ke kasir and bayar blm dianggap sah ๐Ÿ˜ฆ
      Di Mitra mah gak akan pernah dapet nomor 1 deh.. secara tu antriannya bejibun bener >.<
      Kalopun dapet bersyukur bgt! ๐Ÿ™‚

      Iya. Air ketuban itu bisa dilihat dari warnanya. Apa dia bening atau gak. Karena kan kalo air ketubannya keruh dan kelihatan si USGnya bening (sebaliknya katanya) malah justru itu yg bahaya.
      Coba deh tanya ke doktermu mak. Arti warna air ketuban.

      Aku memang tau mayonaise dr telur mentah sih. Cuma kmrn aku tanya seperti itu gara2 beli nugget so good (yg iklannya baru itu loh di tv), nah itu kan bonusnya dapet mayonaise yah? Namanya lupa apaa. Yg bungkus testernya warna orange. Xxxxmayo gitu. Naah, rasanya emang enak tuh mayonaisenya. Aku sempet nyoba sedikit. Tp belum sempet kuhabiskan, aku liat di balik kemasannya, disitu dibilang ibu hamil dilarang mengkonsumsi. Jadilah aku stop makan mayonaisenya.
      Tapi kalo mayonaise lain aku tetep makan. Krn di balik kemasannya gak ada larangan buat ibu hamil ๐Ÿ™‚

      • o yayaa, kalo mayonis yang saset2an itu kadang aku ga berani juga mak, secara banyak MSGnya. coba deh diliat di contentnya.
        oya baru tau aku kalo ada mayonis yang ada alertnya untuk bumil :). berarti besok2 harus teliti lagi

      • Aku masih tetep makan sih mayonaise yg sachetan itu. Kalo buat sarapan kayak sandwhich, salad and burger ๐Ÿ™‚ tapi gak tiap hari.
        Entah kenapa saat hamil nafsu utj makan mayonaise jadi menjadi2.. ๐Ÿ™‚
        Iya emang yang namanya sachet2an gitu pasti ada pengawetnya, salah satunya ada kandungan natriun glutamat ini.

        Sebenernya ada yg blg pizza juga gak boleh. Krn pakai keju pasteurisasi. Tapi yah aku mah cuek aja tetep makan. Nanya dokter juga gapapa. Ibu hamil kan bukan orang penyakitan, cuma aja beda kondisi (special) krn sedang mengandung. Jadi kalo mau makan ya makan aja gapapa. Asal jangan dijadiin makanan utama and tiap hari. Gitu aja ๐Ÿ™‚

        Iyaaa. Makanan apapun kita kudu teliti. Kudu baca kandungan di balik kemasan dulu sblm makan. Krn lagi hamil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.