TASYAKURAN 4 BULANAN


Alhamdulillah tanggal 13 Oktober 2018 lalu aku baru aja selesai mengadakan tasyakuran (selamatan) 4 bulanan untuk kehamilanku kali ini. Sebenarnya mau diadakan minggu lalu, cuma karena aku ada acara, jadinya mundur sedikit. Ini juga ngadainnya kecil-kecilan aja, gak ngundang siapa-siapa, cuma pengajian RT aja plus mengundang seorang Ustadzah.

Nah, di pengajian kali ini ada beberapa tuntunan yang kudapatkan. Takut aku lupa, jadi langsung aja kutuliskan disini 🙂

Ustadzahnya bilang, :

“Bahwa seorang wanita bisa hamil itu merupakan bentuk suatu rizqi dari Allah. Rizqi itu gak melulu berupa materi, tapi juga anak. Anak adalah rizqi dan juga amanah yang dititipkan kepada kita. Karena tidak semua pasangan suami istri yang menikah bahkan sudah menikah bertahun-tahun dikaruniai anak. Kita sebagai umatNya, jika kita membutuhkan, mintalah kepada Allah. Jika kita menginginkan anak, ya minta saja kepada Allah. Tapi, ingat, tidak semua permintaan kita dijabah oleh Allah saat ini juga. Ada yang cepat, ada juga yang lambat. Yang pasti Allah selalu mengabulkan permintaan kita disaat kita butuhkan.”

Sekarang aku jadi tau, bahwa selama ini aku dan suami berdoa ingin segera dikaruniai anak kedua dan belum dijawab oleh Allah, berarti Allah tau kapan saat yang tepat untuk kita. Bukan berarti doa kita gak didengarkan. Jadi kita tetap berikhtiar dan inilah jawaban atas doa-doa yang kami panjatkan. Terima kasih ya Allah 🤗

Jawaban Allah memang semua serba misteri. Thats why semua teori mengatakan bahwa tidak ada satupun yang tau kapan jawaban Allah itu akan datang dan hidup itu adalah misteri.

Ada 4 hal yang ditetapkan saat seorang wanita diberikan hamil 4 bulan :

1. Rizqi

2. Ajal

3. Amal

4. Bahagia atau sengsara

Kenapa orang banyak yang mengadakan selamatan 4 bulanan? Bukan semata-mata karena tradisi, tapi sebuah hadist menjelaskan tentang perkembangan janin dalam kandungan bahwa :

Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itu artinya ketika kehamilan memasuki usia 4 bulan, Allah mulai mengutus malaikat guna meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya yang dimana beberapa tradisi sering memperingatinya dengan sebutan acara 4 bulanan.

Selain itu tasyakuran 4 bulanan ini juga bertujuan sebagai bentuk rasa syukur atas amanah besar dan berharga dengan dihadirkannya seorang calon anak dalam suatu keluarga dan berharap ia kelak menjadi manusia yang soleh atau solehah.

Acara 4 bulanan ini sebenarnya sih gak wajib, tapi di 2 keluargaku baik dari sisi mamaku atau mama mertua, semua meyakini acara 4 bulanan itu wajib diadakan, jadi aku nurut saja. Dan acara 4 bulanan itu biasanya berisikan pemanjatan doa. Dan doa yang dianjurkan untuk dibaca pada 4 bulanan adalah surat Luqman karena dalam surat inu mengisahkan tentang pendidikab, aqidah dan akhlak.

Ustadzahnya juga berpesan, supaya aku jangan lupa untuk :

1. Selalu mengumandangkan ayat-ayat Al Quran supaya jika nanti dia sudah usia sekolah, ia cepat menghafal semua ayat-ayat Al Quran dengan cepat.

2. Perbanyak berdoa dab berkata yang baik-baik

Berdoa apa saja. Mintalah kepada Allah apa yang kita butuhkan.

Di akhir acara semua tamu undangan (tetangga) mendoakan kehamilanku ini bisa berjalan lancar dan sehat selalu.

Allahummahfazd waladii maadaama fii bathnika wasyfihi anta syaafil laa syifaa illa syofaauka syifaa allaa yughaadiru saqama.

Allahumma showwirhu hasanata watabbit qalbahu iimaanambika wabi rasuulika.

Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlaw watasliimaa. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa.

Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu ‘alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya:

“Ya Allah, peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna.

Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya.

Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Alquran dan Alhadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi-Mu”

Terima kasih ya Allah, acara sederhana ini bisa berjalan dengan lancar.

Dan moms, doakan juga ya kehamilanku ini bisa sehat-sehat selalu sampai waktu persalinan tiba 🤗

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.