Pentingnya Nutrisi Sehat Untuk Persiapan, Masa Kehamilan dan Menyusui

Setiap ibu hamil pasti membutuhkan nutrisi 2x lipat daripada oranglain pada umumnya. Ada yang bilang kalau lagi hamil dianjurkan untuk minum susu hamil, karena nutrisinya sudah mencukupi untuk ibu hamil. Tapi memang pada dasarnya aku orang yang paling gak bisa minum susu, terlebih lagi susu untuk pregnancy mom itu ada kandungan zat besinya yang bikin aku mual. Jadinya selama hamil aku cuma mengandalkan suplemen yang kudapat dari dokter dan makanan penuh gizi yang kukonsumsi setiap harinya.

Minggu lalu tepatnya tanggal 27 Oktober 2018, aku diundang di acara blogger gathering bersama Blackmores di Hotel Puri Denpasar. Acara ini bersamaan dengan pameran Mother & Baby Fair 2018 di Balai Kartini Jakarta. Pembicaranya ada Adianti Reksoprodjo, Catherine Sumitri dan Rini Yulianti. Topiknya seputar pregnancy, yaitu peduli asupan sehat dalam rangka pentinya asupan nutrisi sehat bagi hamil dan menyusui. Walaupun aku sudah hamil yang kesekian kalinya, kalau ada acara-acara seperti ini aku tetap ingin hadir, karena siapa tau ada ilmu dan info pregnancy yanh belum dan harus kuketahui 😊

Catherine Sumitri (tengah) saat ini dia tengah dalam masa menyusui. Dia bercerita bahwa selama hamil ia selalu mengkonsumsi makanan penuh gizi supaya anak yang dikandungnya tetap sehat.

Rini Yulianti (kanan), ia tengah hamil 39 minggu, itu artinya tinggal menghitung hari aja nih panggilan kontraksinya 😊

Keduanya sama-sama mengkonsumsi suplemen Blackmores guna untuk mencukupi kebutuhan dari masing-masing keduanya. Kalau Catherine untuk asupan ASInya, sedangkan Rini untuk nutrisi kehamilannya.

Adianti (kiri), ia adalah instruktur Yoga. Ia punya pengalaman yang kurang enak saat ia hamil. Ia memiliki 2 orang anak. Dan dua-duanya lahiran cessar, karena berat badan anaknya masing-masing 4 kg. Hihii kebayang ya moms itu kalau 4 kg sakitnya gimana kalau lahiran normal 😁 Makanya pas dengar ia cerita, pengennya anak saya berat badannya nanti bisa standard jadi bisa lahiran normal, amiiin 😊

Ohya, disini juga ada perwakilan dari Blackmores yang menjelaskan secara detail tentang 1000 hari pertama kehamilan.

Kalau mau hamil, bukan berarti saat hamil kita baru konsumsi makanan dan minuman yang sehat-sehat, tapi jauh sebelum kita hamil kita wajib untuk mempersiapkan diri. Salah satunya bisa mengkonsumsi suplemen Blackmores ini. Aku juga pernah dengar sih bahwa Blackmores ini bukan hanya untuk pregnancy and breastfeeding aja, tapi juga bisa untuk persiapan kehamilan.

Waktu sebelum aku hamil kali ini, aku juga sempat konsumsi si Blackmores ini. Waktu itu aku dapat lumayan banyak, ada sekitar 3 botol besar 120 ml. Waktu itu aku konsumsi untuk menyusui dan aku juga coba minum untuk persiapan kehamilan.

Kenapa aku mau konsumsi Blackmores ini untuk persiapan kehamilan? Karena si Blackmores ini ada kandungan asam folatnya yang baik untuk kesuburan rahim

Komposisi

Asam folat 400 µg, Kalium iodide 196 µg (Iodium 150 µg), Fish oil 1000 mg mengandung 330 mg Omega-3 (DHA 250mg + EPA 50 mg), Fe (II) fumarate 31.4 mg (Zat besi 10 mg), Niasin 15 mg, Vitamin C 60 mg, Kalsium karbonat 600 mg (Kalsium 240 mg), Zinc sulfat 41.6 mg (Zinc 15 mg), Magnesium oksida 99.6 mg (Magnesium 60 mg), Thiamine nitrate 1000 µg (Vitamin B1 810 µg), Riboflavin (Vit B2 1500 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 1500 µg), Vit B12 3 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 10.42 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 144 mg

Setelah selesai acara talkshow, para peserta foto bersama. Lalu acara dilanjutkan ke M&B Fair untuk mendengarkan acara talkshow Blackmores disana.

Di acara ini aku mendapat 2 buah tiket M&B fair, untuk aku dan suami.

Waktu aku masuk ke lobbynya, waduuh ramenya gak karu-karuan. Masuk aja sangat berdesak-desakkan. Kasian juga yanh bawa baby tanpa asisten. Jadi inget dulu waktu aku kesini sama bertiga dengan suami and Narend, Narend waktu itu usianya masih 2 tahunan, dan masih pakai stroller dan gendongan depan. Duh ribetnya 🙂 tapi kalau ke acara pameran seperti ini kalau bawa bayi emang kudu bawa 2 gendongan sih, stroller dan gendongan depan. Jadi si stroller bisa untuk bawa barang-barang, dan gendongan depan untuk si babynya.

Gimana cara bawanya? Kerjasamalah dengan suami 😁

Kami foto bareng lagi di boothnya Blackmores sebelum mulai talkshow 😁

Ada 2 hal yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil :

1. Mental

2. Nutrisi

Lalu perhatikan juga berat badan kita, kalau mau hamil kita juga gak boleh terlalu gemuk, juga tidak boleh terlalu kurus, karena akan mempengaruhi kesuburan kita. Makanya waktu saya persiapan hamil, nurunin berat badannya PR banget deh, setahun lamanya trus gak kurus-kurus, hahaa. Yang ada dikomentarin terus sama dokter obgyn saya.

Saat talkshow ini, Rini sempat bertanya kalau ibu hamil makannya sering, itu bagaimana? Karena kan saat hamil tidak bisa menahan lapar. Bawannya lapar terus kayak monster. Nah dokternya bilang, makan sering boleh-boleh aja, asalkan dalam porsi yang sedikit-sedikit aja, supaya lambungnya tidak kosong, dan juga tidak muntah.

Oke, lalu soal flek bagaimana? Terkadang saat hamil di trimester pertama mungkin ada yang suka ngalamin flek kan? Dokternya juga bilang gak masalah, selama flek tersebut tidak berkepanjangan, alias hanya 1x aja, gak ada rasa nyeri.

Lalu soal durian gimana? Akhirnya ada juga yang bertanya soal ini, soalnya aku suka bangeet sama durian 😁 dokternya juga bilang, konsumsi durian gak masalah, asalkan jangan dalam jumlah yang berlebihan, karena bisa menyebabkan kontraksi. Selain itu juga panas.

Lalu soal skincare bagaimana? Apakah ibu hamil masih boleh memakai skincare? Dojternya bilang, Ya boleh-boleh aja, asalkan jangan yang ada kandungan Isoretinoid (turunan dari Retinoid vitamin A), karena nantinya bisa menyebabkan kecatatan.

Finally aku datang ke acara ini merasa banyak double pengetahuan. Yang tadinya aku masih merasa ragu, tapi sekarang sudah mantap untuk jalanin kehamilan kali ini.

Dan yang pastinya nanti setelah melahirkan aku akan kembali mengkonsumsi Blackmores ini, supaya ASIku makin berkualitas dan tak lupa aku imbangi dengan asupan nutrisi yang lengkap 😊

Thank you Blackmores ❤

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.