SERBA-SERBI KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Setiap wanita yang hamil, pasti punya cerita masing2. Sama sih seperti kehamilan aku yang sekarang ini

Di kehamilan trimester pertama ini tanda2nya gak jauh beda dari kehamilan sebelumnya. Yang aku rasakan itu :

💕 Mual2
Aku nyebutnya mual aja, bukan morning sickness. Karena mualnya ini beda banget, mualnya gak kenal waktu, bisa pagi, siang, malam bahkan subuh. Lapar, tapi gak bisa makan saking mualnya. Cara mengakalinya, sampai sekarang belum ada. Makan yang berbau jahepun kutak bisa. Minum manispun tak bisa. Kalau ada yang tahu, please let me know ya. Mudah2an BB-ku gak turun.

💕 Sembelit
Udah pasti yang namanya ibu hamil itu rentan terkena sembelit. Biasanya aku ngakalinnya makan rujak dan agar2. Kalau makan sayuran dan buah sepotong dua potong beneran gak ngaruh. Pup bisa 2 hari sekali. Tapi menjelang trimester dua, sembelit itu perlahan2 hilang.

💕 Sensitif Terhadap Bau
Sama banget kayak bumil lainnya, ibu hamil itu gak bisa banget sama bau2an. Bau ketek kek, bau orang blm mandi aja dari kejauhan 100m udah tau. Bau masakan yang strong banget. Apalagi bau rokok. Bahkan dari kejauhanpun udah bisa kecium. Bahkan bau parfum sendiripun sangat2 sensitif.
Mengakalinya, buat di rumah aku gak pernah lagi pakai pelembut pakaian. Cium sabun detergen aja aku mual setengah mati. Gak pernah bisa masak. Karena gak bisa cium masakan. Jadilah pengeluaran 2-3 bulan ini ku bengkak sekali 😪 tapi ya mau gimana lagi. Itu konsekuensinya

💕 Gampang Lelah
Dikit2 aku gampang lelah banget. Entah karena ini faktor usia, atau memang faktor hormon kehamilan aja. Karena memang yang kutau kalau trimester pertama pasti akan ngerasa capek banget, karena tubuh kita diforsir untuk menyesuaikan dengan kondisi baru, serta hormon yang ada di tubuh kita bekerja maksimal. Semua pekerjaan aku dibantu oleh suami. Ya Allah aku bersyukur banget punya suami yang mau turun tangan pekerjaan aku seutuhnya.

💕 Kulit Wajah dan Rambut Bermasalah
Tiba2 saat tau hamil, jerawat tumbuh subur bertebaran dimana2. Awalnya aku gak ngeh kalo ini pengaruh hormon. Tapi setelah konsultasi sama dokter dan aku obati pakai obat jerawat apapun gak sembuh, baru deh tau, bahwa itu pengaruh aku hamil
Gak cuma wajah, tapi rambut mendadak kering kerontang dan banyak rontok. Stress. Iya awalnya. Tapi aku akalin dengan rajin hair spa di rumah. Beruntung aku berhijab sekarang, jadi yang tau hanya aku dan suami aja 🤗

💕 Minum Kopi
Entah kenapa saat ini aku gak ada rasa mau minum kopi atau bahkan teh sama sekali. Mudah-mudahan sih seterusnya sampai lahiran. Amin.

💕 Mudah Ngantuk
Seperti ibu hamil lainnya, di trimester awal aku gampang banget ngantuk. Makanya aku gak mau terlalu banyak aktivitas. Malahan lebih banyak bed rest. Karena memang cuma itu yang bisa aku lakukan.

💕 Rentan Sakit
Beberapa hari yang lalu, Narend sempat sakit. Tiba-tiba aja sakit ISPA. Padahal setelah Idul Adha kemarin Narend sempat libue 3 hari dari sekolah. Tiba-tiba sakit. Saat control ke dokter, dan ternyata memang ini sedang musimnya ISPA, hiks. Hmm, bukan apa-apa sih, ini bahaya banget buat ibu hamil, karena ibu hamil kan kondisinya gampang lelah. Jadi rentan sakit. Walaupun udah dijaga-jaga kesehatannya, tetep aja kena juga 😖
Jadi kalau bisa aku sarankan, saat anak sakit, usahakan tidak banyak kontak langsung dengannya. Kalau anak sudah bisa tidur pisah kamar, itu lebih baik. Jika masih 1 kamar, anaknya usahakan pakai masker, supaya tidak langsung kontak dengan kita. Karena kalau kita sakit, agak susah sembuhnya, karena gak bisa minum obat sembarangan dan gak bisa minum obat antibiotik. Jadi otomatis kalau sakit pasti lama sembuhnya.

Segitu aja yang bisa aku sharing untuk serba-serbi kehamilam trimester pertama. Semoga bermanfaat ta.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.